PENGGUNAAN BUKU AJAR BAHASA ARAB DI PESANTREN SUMENEP MADURA (STUDI KASUS MADRASAH ‘ALIYAH TARBIYATUL MU’ALLIMIN AL-ISLAMIYAH AL-AMIEN PRENDUAN DAN MADRASAH ‘ALIYAH TAHFIDZ AN-NUQAYYAH GULUK-GULUK)

MOH UBAIDILLAH, NIM. 1320411258 (2016) PENGGUNAAN BUKU AJAR BAHASA ARAB DI PESANTREN SUMENEP MADURA (STUDI KASUS MADRASAH ‘ALIYAH TARBIYATUL MU’ALLIMIN AL-ISLAMIYAH AL-AMIEN PRENDUAN DAN MADRASAH ‘ALIYAH TAHFIDZ AN-NUQAYYAH GULUK-GULUK). Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGGUNAAN BUKU AJAR BAHASA ARAB DI PESANTREN SUMENEP MADURA (STUDI KASUS MADRASAH ‘ALIYAH TARBIYATUL MU’ALLIMIN AL-ISLAMIYAH AL-AMIEN PRENDUAN DAN MADRASAH ‘ALIYAH TAHFIDZ AN-NUQAYYAH GULUK-GULUK))
1320411258_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text (PENGGUNAAN BUKU AJAR BAHASA ARAB DI PESANTREN SUMENEP MADURA (STUDI KASUS MADRASAH ‘ALIYAH TARBIYATUL MU’ALLIMIN AL-ISLAMIYAH AL-AMIEN PRENDUAN DAN MADRASAH ‘ALIYAH TAHFIDZ AN-NUQAYYAH GULUK-GULUK))
1320411258_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Di samping faktor metodologi dalam proses pembelajaran bahasa Arab, faktor materi atau pelajaran bahasa Arab itu sendiri harus mendapat perhatian. Karena keberhasilan pengajaran bahasa tidaklah semata-mata ditentukan oleh metode. Faktor bahan pelajaran buku teks juga memegang peran penting. Bagaimana buku teks disusun dan disampaikan kepada murid-murid turut menentukan tercapainya tujuan pengajaran. Ada enam faktor lain yang dapat menentukan keberhasilan pengajaran bahasa Arab dan salah satunya adalah textbook atau bahan ajar yang sesuai dengan tujuan dan metode pengajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah: pertama, Mengetahui kelayakan buku ajar bahasa Arab yang digunakan di Pondok Pesantren Al-Amien Prenduan dan Pondok Pesantren An-Nuqayyah Guluk-Guluk. Kedua, Mengetahui metode penyajian buku ajar bahasa Arab di Pondok Pesantren Al-Amien Prenduan dan Pondok Pesantren An-Nuqayyah Guluk-Guluk. Ketiga, Mengetahui latar belakan peredaan pemilihan buku ajar Bahasa Arab di Pondok Pesantren Al-Amien Prenduan dan Pondok Pesantren An-Nuqayyah Guluk-Guluk. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif field research. Sumber data penelitian ini adalah alumni tertua, kepala sekolah, pendidik bahasa Arab, serta dokumen-dokumen sekolah. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Kemudian teknik analisis data dipaparkan melalui reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan/verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pertama, buku ajar bahasa Arab yang digunakan di MA TMI Al-Amien Prenduan dan MAT An-Nuqayyah Guluk- Guluk berbeda, buku ajar bahasa Arab di MA TMI disusun sendiri oleh guru senior atau kiyai dan digunakan sendiri juga kecuali buku ajar nahwu, sedangkan buku ajar bahasa Arab di MAT an-Nuqayyah Guluk-Guluk buku ajar yang pada umumnya digunakan di pondok pesantren sekitar kecuali buku pelajaran bahasa Arab. Kedua, Buku ajar bahasa Arab yang digunakan di MA TMI Al-Amien Prenduan dan MAT An-Nuqayyah Guluk-Guluk memiliki metode penyajian materi yang berbeda. Metode penyajian materi buku ajar bahasa Arab di MA TMI Al-Amien Prenduan cenderung induktif sedangkan metode penyajian buku ajar di MAT An-Nuqayyah Guluk-Guluk cenderung deduktif. Misalnya dalam pelajaran ilmu balaghah , pada tema ism isyarah, kedua lembaga tersebut sama-sama mengajarkan tema ism isyarah hanya saja metode penyajiannya berbeda. Ketiga, Penggunaan buku ajar bahasa Arab yang berbeda disebabkan oleh tiga faktor, 1) kiblat sistem pendidikan, MA TMI al-Amien sistem pendidikannya berkiblat kepada kurikulum Kulliyatul Mu’allimien al-Islamiyah Pondok Modern Darussalam Gontor. Sedangkan MAT an-Nuqayyah berkiblat kepada Pondok Tebuireng Jombang, 2) Madzhab pengajaran bahasa yang dianut, MA TMI al- Amien bermadzhab kepada teori pengajaran behaviorisme. Sedangkan MAT an- Nuqayyah bermadzhab kepada teori pengajaran kognitivisme. 3) Tujuan pengajaran bahasa Arab, pengajaran bahasa Arab di MA TMI al-Amien Prenduan bertujuan untuk komunikasi sehari-sehari. Sedangkan MAT An-Nuqayyah bertujuan untuk memahami kitab-kitab kuning.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr. H. Ahmad Janan Asifudin, M.A
Uncontrolled Keywords: Buku ajar bahasa Arab, pondok pesantren
Subjects: Pendidikan Islam (Pesantren)
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Islam
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 03 Nov 2016 14:06
Last Modified: 03 Nov 2016 14:06
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/22607

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum