PRAKTEK PERLINDUNGAN ANAK JALANAN MENURUT PERATURAN DAERAH PROVINSI DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA NOMER 6 TAHUN 2011 (STUDI KASUS ANAK JALANAN KOTA YOGYAKARTA)

DIDI KURNIAWAN, NIM. 09340072 (2016) PRAKTEK PERLINDUNGAN ANAK JALANAN MENURUT PERATURAN DAERAH PROVINSI DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA NOMER 6 TAHUN 2011 (STUDI KASUS ANAK JALANAN KOTA YOGYAKARTA). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (PRAKTEK PERLINDUNGAN ANAK JALANAN MENURUT PERATURAN DAERAH PROVINSI DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA NOMER 6 TAHUN 2011 (STUDI KASUS ANAK JALANAN KOTA YOGYAKARTA))
09340072_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (PRAKTEK PERLINDUNGAN ANAK JALANAN MENURUT PERATURAN DAERAH PROVINSI DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA NOMER 6 TAHUN 2011 (STUDI KASUS ANAK JALANAN KOTA YOGYAKARTA))
09340072_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (833kB) | Request a copy

Abstract

Karya ilmiah ini ditulis berkenaan dengan perkembangan fenomena anak jalanan yang ada di Kota Yogyakarta khususnya, kehidupan sosial masyarakat Yogyakarta pada umumnya ialah imigran yang memiliki tujuan mencari ilmu ataupun berlibur, karena Kota Yogyakarta ini selain kota pelajar juga sebagai kota destinasi wisata yang cukup terkenal, dan selain itu Kota Yogyakarta menjadi kota transit yang di mana Kota Yogyakarta banyak terdapat stasiun, terminal dan bandara. Sehingga banyak sebagian orang memanfaatkan peluang tersebut untuk mencari nafkah di jalanan bahkan menerjunkan langsung anak-anak di bawah umur. mengingat itu semua, pemerintah seharusnya menyikapi secara serius masalah anak jalanan baik dengan cara pencegahan, penjangkauan, pemenuhan hak dan integrasi sosial. Sehingga kasus sosial bahkan permasalahan eksploitasi anak ini dapat diminimalisir. Oleh sebab itulah yang menjadi pertanyaan adalah apakah perlindungan anak jalanan sudah sesuai dengan Peraturan Daerah Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta Nomor 6 Tahun 2011 Tentang Perlindungan Anak yang Hidup di Jalan. Adapun jenis penelitian yang digunakan untuk menjawab pertanyaan tersebut adalah jenis penelitian lapangan (field research) dan kepustakaan (library research), dengan sifat yuridis-empiris. Data yang diperoleh dari penelitian, wawancara, buku-buku, jurnal, Undang-undang, artikel, hasil penelitian terdahulu dan sumber lain yang relevan dengan pembahasan yang dikaji. Setelah semua data terkumpul, maka langkah selanjutnya adalah menganalisis data tersebut apakah sudah sesuai pelaksanaan perlindungan anak jalanan yang dilakukan Pemerintah Kota Yogyakarta sesuai dengan Peraturan Daerah Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta di lapangan. Setelah melakukan kajian, penelitian ini menyimpulkan bahwa pelaksanaan perlindungan anak yang hidup di jalanan menurut Peraturan Daerah Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta sudah sesuai, akan tetapi belum mampu menyadarkan masyarakat secara utuh menyikapi permasalahan anak jalanan. Dalam hal ini, pelaksanaan perlindungan terhadap anak jalanan yang dilakukan pemerintah melalui upaya pencegahan, penjangkauan, pemenuhan hak dan integrasi sosial sudah berjalan sesuai dengan peraturaan daerah dan tatacara penjangkauan anak, hal ini dapat dilihat dari kinerja dinas sosial dan lembaga masyarakat dalam upaya menangani anak jalanan, Sehingga terjadi penurunan jumlah anak jalanan setiap tahunnya. Meskipun masih ada hambatan intern maupun ekstern dari upaya pemerintah dalam perlindungan anak jalanan itu sendiri.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: 1. DR. SITI FATIMAH, S.H., M.Hum. 2. NURAINUN M, S.H., M.Hum.
Uncontrolled Keywords: perlindungan anak jalanan, perda provinsi DIY
Subjects: Ilmu Hukum
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Ilmu Hukum (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 29 Nov 2016 11:40
Last Modified: 29 Nov 2016 11:40
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/22610

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum