VARIASI PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN DALAM MENGAJARKAN CALISTUNG PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN DI RA BABUL JANNAH SAMBAS

Asyruni Multahada, NIM: 1420430015 (2016) VARIASI PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN DALAM MENGAJARKAN CALISTUNG PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN DI RA BABUL JANNAH SAMBAS. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (VARIASI PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN DALAM MENGAJARKAN CALISTUNG PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN DI RA BABUL JANNAH SAMBAS)
1420430015_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (VARIASI PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN DALAM MENGAJARKAN CALISTUNG PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN DI RA BABUL JANNAH SAMBAS)
1420430015_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Pembelajaran Calistung pada anak usia dini menuai kontroversi di kalangan masyarakat karena dianggap berdampak buruk pada mental anak. RA Babul Jannah Sambas merupakan salah satu lembaga PAUD yang menerapkan pembelajaran Calistung pada anak usia dini dengan menerapkan variasi media pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mendeskripsikan secara empiris dan objektif penggunaan media pembelajaran yang bervariasi dalam mengajarkan Calistung pada anak usia 5-6 tahun di RA Babul Jannah Sambas, 2) Mengetahui dampak variasi penggunaan media pembelajaran dalam mengajarkan Calistung terhadap perkembangan anak usia 5-6 tahun di RA Babul Jannah Sambas, dan 3) Mengidentifikasi kelebihan dan kekurangan dari variasi penggunaan media pembelajaran dalam mengajarkan Calistung pada anak usia 5-6 tahun di RA Babul Jannah Sambas. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif melalui studi fenomenologis. Teknik pengumpulan data dalam penlitian ini adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Sedangkan, teknik analisis datanya, peneliti menggunakan model interaktif dari Miles dan Huberman. Untuk teknik pemeriksaan keabsahan data, peneliti menggunakan teknik credibility (derajat kepercayaan), yakni dengan cara triangulasi dan member check. Hasil dari penelitian ini menyimpulkan bahwa : 1) media yang divariasikan dalam mengajarkan Calistung, yakni manusia (guru), APE, dan program/kegiatan. Teknik variasi media terdiri dari: a) memvariasikan beberapa media pembelajaran dalam sekali pertemuan, b) memvariasikan satu media dengan beberapa metode pembelajaran, c) menggunakan media yang berbeda-beda setiap hari, d) menggunakan media dalam waktu yang berjangka, dan e) memvariasikan penggunaan media di luar kelas, kemudian untuk kegiatan variasi media dalam proses pembelajaran terdiri dari perencanaan, persiapan, pelaksanaan dan evaluasi; 2) penggunaan variasi media pembelajaran memiliki dampak yang cukup baik terhadap perkembangan anak usia dini. Indikator perkembangan yang paling dominan dicapai oleh anak, diantaranya adalah perkembangan bahasa (keaksaraan) dan kognitif; 3) kelebihan dari penggunaan variasi media diantaranya memicu minat dan perhatian anak untuk belajar Calistung, melatih keterampilan Calistung pada anak usia dini, dan meminimalisir rasa jenuh dan bosan pada anak. Sedangkan, kekurangannya adalah perlu disediakannya media yang berbeda setiap hari, sedangkan jumlah media yang tersedia sangat terbatas. Upaya guru RA Babul Jannah Sambas dalam mengatasi kekurangan tersebut, diantaranya guru menggunakan pembagian kelompok dan bergilir dalam memainkan media. Kata Kunci: Variasi Media, Calistung, Pendidikan Anak Usia Dini

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Sigit Purnama
Uncontrolled Keywords: Variasi Media, Calistung, Pendidikan Anak Usia Dini
Subjects: Pendidikan Islam (Pesantren)
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Guru RA - PAUD
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 23 Nov 2016 08:41
Last Modified: 23 Nov 2016 08:41
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/22618

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum