PERLINDUNGAN HUKUM ATAS KARYA CIPTA FOTOGRAFI OLEH KEMENTERIAN HUKUM DAN HAK ASASI MANUSIA DI DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA

RIFAI AL ARIF, NIM. 10340180 (2016) PERLINDUNGAN HUKUM ATAS KARYA CIPTA FOTOGRAFI OLEH KEMENTERIAN HUKUM DAN HAK ASASI MANUSIA DI DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (PERLINDUNGAN HUKUM ATAS KARYA CIPTA FOTOGRAFI OLEH KEMENTERIAN HUKUM DAN HAK ASASI MANUSIA DI DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA)
10340180_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text (PERLINDUNGAN HUKUM ATAS KARYA CIPTA FOTOGRAFI OLEH KEMENTERIAN HUKUM DAN HAK ASASI MANUSIA DI DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA)
10340180_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini membahas tentang Perlindungan Hukum atas Karya Cipta Fotografi oleh Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia di Daerah Istimewa Yogyakarta. Fotografi merupakan salah satu karya cipta yang dilindungi oleh Undang-Undang. Permasalahan perlindungan hukum terhadap karya fotografi berkembang sejalan dengan perkembangan dunia fotografi, yang pada saat ini dunia fotografi konvensional (menggunakan film) seiring dengan kemajuan teknologi sekarang berkembang menjadi era dunia fotografi digital. Fotografi sudah tidak lagi menggunakan media film sebagai alat untuk merekam gambar melainkan sudah berbentuk file digital yang mana hal tersebut semakin memudahkan setiap orang untuk meng-copy dan mencetak hasilnya. File digital tersebut sangat mudah untuk digandakan dan diambil oleh setiap orang untuk dimanfaatkan dalam berbagai kepentingan tanpa sepengetahuan pemiliknya. Penelitian ini merupakan penelitian field research yang menggunakan pendekatan komparatif yuridis. Pendekatan ini yang dilakukan secara langsung kepada narasumber dengan mendasarkan pada data primer sebagai data utamanya serta mengkomparasikan teori-teori dengan fakta di lapangan. Kemudian seluruh data dianalisis secara analisis kualitatif Hasil penelitian ini memberikan gambaran bahwa upaya perlindungan hukum terhadap hak cipta fotografi di Kemenkumham DIY bersifat preventif yaitu dengan melakukan sosialisasi mengenai Hak kekayaan Intelektual dalam implementasi Undang-Undang No. 28 Tahun 2014 yang dilakukan pada masyarakat khususnya mahasiswa tentang pentingnya melindungi hak cipta, serta bersifat represif yaitu dengan melakukan penyidikan yang dilakukan oleh PPNS Kemenkumham DIY terhadap terjadinya pelanggaran Hak Cipta. Adapun faktor rendahnya pendaftaran hak cipta fotografi, yang pertama adalah ketidaktahuan para fotografer mengenai adanya Undang-Undang yang mengatur tentang Hak Cipta, kedua, mereka beranggapan bahwa untuk objek hak cipta yang dimohonkan akan dikenakan biaya yang cukup mahal atas pemeliharaan karyanya, dan yang ketiga mereka beranggapan bahwa tanpa harus mendaftarkan karya yang diciptakan, mereka masih bisa menyelesaikan masalah melalui jalur non litigasi. Hal tersebut yang mempengaruhi banyaknya para Fotografer tidak mendaftarkan karya ciptanya. Disamping itu, adanya jalur non litigasi yang bisa menyelesaikan masalah menjadi salah satu faktor tidak terlaksananya perlindungan hukum secara represif oleh kemenkumham.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: 1. M. Misbahul Mujib, S. Ag., M. Hum. 2. Faisal Luqman Hakim, SH.,M. Hum.
Uncontrolled Keywords: hukum, karya cipta, fotografi, HAM
Subjects: Ilmu Hukum
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Ilmu Hukum (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 28 Nov 2016 10:38
Last Modified: 28 Nov 2016 10:38
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/22623

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum