TANGGUNG JAWAB HUKUM PENGELOLA PARKIR ATAS HILANGNYA KENDARAAN BERMOTOR DI LOKASI TEMPAT PARKIR PASAR MUNTILAN

BILAL ENDRA SAPUTRA, NIM. 10340191 (2016) TANGGUNG JAWAB HUKUM PENGELOLA PARKIR ATAS HILANGNYA KENDARAAN BERMOTOR DI LOKASI TEMPAT PARKIR PASAR MUNTILAN. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (TANGGUNG JAWAB HUKUM PENGELOLA PARKIR ATAS HILANGNYA KENDARAAN BERMOTOR DI LOKASI TEMPAT PARKIR PASAR MUNTILAN)
10340191_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text (TANGGUNG JAWAB HUKUM PENGELOLA PARKIR ATAS HILANGNYA KENDARAAN BERMOTOR DI LOKASI TEMPAT PARKIR PASAR MUNTILAN)
10340191_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (802kB) | Request a copy

Abstract

Latar Belakang penelitian ini adalah tanggung jawab hukum pengelola parkir ketika kendaraan bermotor yang diparkirkan hilang tidak sesuai dengan Pasal 1694 Kitab Undang-undang Hukum Perdata. Hal ini dikarenakan tidak adanya sosialisasi dari pemerintah terhadap pengelola parkir. Yang menjadi permasalahan pada penelitian ini adalah bagaimana tanggung jawab hukum pengelola parkir untuk memberi ganti kerugian atas kehilangan tersebut. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa jauh tanggung jawab hukum yang dilakukan oleh pengelola parkir di lokasi tempat parkir Pasar Muntilan atas kejadian kehilangan. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research). Yaitu penelitian secara langsung di lokasi tempat parkir Pasar Muntilan. Sumber data dari penelitian ini adalah wawancara dengan pengelola parkir dan pengguna jasa parkir yang pernah kehilangan kendaraan bermotornya di lokasi tempat parkir Pasar Muntilan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) tanggung jawab hukum pengelola parkir terhadap kasus kehilangan yang terjadi tidak sesuai dengan hukum yang ada; (2) pemberian ganti kerugian yang diberikan oleh pengelola parkir terhadap pengguna jasa parkir yang kehilangan kendaraannya tidak sesuai dengan harga atau nominal kendaraan pada saat hilang; (3) Faktor penghambat pengelola parkir untuk tidak mengganti kendaraan yang hilang tersebut sesuai dengan harga di pasaran dikarenakan kurang sadarnya pengelola parkir atas hukum, kurangnya sosialisai peraturan dari pemerintah, beban yang harus ditanggung dirasa tidak sesuai dengan pendapatan sebagai petugas parkir, dan tidak adanya asuransi kendaraan seperti yang dilakukan oleh parkir milik swasta. Kata Kunci: (Tanggung Jawab Hukum, Pengelola Parkir, Kehilangan Kendaraan Bermotor)

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: 1. FAISAL LUQMAN HAKIM, S.H., M.Hum. 2. MANSUR, S.Ag., M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Tanggung Jawab Hukum, Pengelola Parkir, Kehilangan Kendaraan Bermotor
Subjects: Ilmu Hukum
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Ilmu Hukum (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 29 Nov 2016 11:39
Last Modified: 29 Nov 2016 11:39
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/22624

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum