IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN KELOMPOK DI RA MASYITHOH MERTASINGA DAN PEMBELAJARAN BCCT DI RA ISLAM AS-SHOLEH KABUPATEN CILACAP

DINDIN ZALALUDIN, NIM : 1420431001 (2016) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN KELOMPOK DI RA MASYITHOH MERTASINGA DAN PEMBELAJARAN BCCT DI RA ISLAM AS-SHOLEH KABUPATEN CILACAP. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN KELOMPOK DI RA MASYITHOH MERTASINGA DAN PEMBELAJARAN BCCT DI RA ISLAM AS-SHOLEH KABUPATEN CILACAP)
1420431001_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN KELOMPOK DI RA MASYITHOH MERTASINGA DAN PEMBELAJARAN BCCT DI RA ISLAM AS-SHOLEH KABUPATEN CILACAP)
1420431001_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Saat ini di Kabupaten Cilacap masih banyak lembaga RA yang belum menerapkan metode pembelajaran kelompok apalagi sentra atau BCCT sehingga peneliti tertarik untuk memaparkan pembelajatan tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perkembangan lembaga yang mengimplementasi Pembelajaran Kelompok yaitu di RA Masyitoh Mertasinga dan Pembelajaran BCCT (Beyond Center and Circle Time) di RA Islam As Sholeh Kabupaten Cilacap. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif, Data-data diperoleh melalui kajian kepustakaan dan penelitian lapangan dengan menggunakan beberapa metode pengumpulan data yaitu: observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil analisis data menunjukkan bahwa implementasi pembelajaran kelompok di RA Masyitoh Mertasinga sudah cukup baik. Ini dibuktikan dengan perencanaan, pelaksanaan pembelajaran serta evaluasi yang dilakukan oleh guru-guru di RA Masyitoh Mertasinga. Guru sebelum melaksanakan kegiatan pembelajaran mereka mempersiapkan perencanaan kegiatan pembelajaran terlebih dahulu walaupun masih belum mendetail dengan langkah-langkahnya, yang terdiri dari: Rencana Kegiatan Harian (RKH), Rencana Kegiatan Mingguan (RKM), Rencana Kegiatan Bulanan yang sering di sebut Program Semester. Namun lembaga ini ternyata juga belum siap menerima siswa ABK dan perkembangan lembaga di awal tahun begitu bagus tetapi di tahun terakhir ini stagnasi karena metode belajar masih biasa dan peserta didiknya berasal dari daerah sekitar saja. Sedangkan Implementasi pembelajaran BCCT (Beyond Center and Circle Time) dalam pembelajaran anak usia dini di RA Islam As Sholeh sudah baik. Pada prakteknya, kegiatan pembelajaran dengan menggunakan pendekatan BCCT (Beyond Center and Circle Time) sudah hampir mendekati teori yang ada. Ini dibuktikan dengan perencanaan, pelaksanaan pembelajaran serta evaluasi yang dilakukan oleh guru-guru di RA Islam As Sholeh. Guru selalu mendapat pelatihan atau magang minimal seminar sehingga sebelum melaksanakan kegiatan pembelajaran selalu mempersiapkan perencanaan kegiatan pembelajaran dengan baik. Begitu juga pelaksanaannya, dalam proses pembelajarannya telah dilakukan di kelas-kelas sentra yang yang tertata dengan aturan yang jelas sampai pada pijakan-pijakan (scaffolding) yang terdiri dari empat pijakan dan juga lingkungan mainnya telah tertata dengan rapi. Lembaga yang telah menerapkan pembelajaran BCCT ternyata lebih siap menerima siswa ABK dan Kemajuan yang dialami lembaga inipun sangat pesat, kepercayaan masyarakat lebih luas bahkan di akhir bulan April ini pendaftaran siswa baru sudah tutup. Kata Kunci : Implementasi, Kelompok dan BCCT [ENGLISH] ABSTRACT Dindin Zalaludin ( NIM : 1420431001 ) . Learning Implementation Group in RA Masyitoh Mertasinga and Learning BCCT in RA Islam As Sholeh Cilacap , State Islamic University Sunan Kalijaga, Yogyakarta , 2016 . This study aims to investigate the development of institutions and Learning Implementation Group in RA Masyitoh Mertasinga and Learning BCCT in RA Islam As Sholeh Cilacap. This research is qualitative descriptive , data obtained through the study of literature and field research by using several data collection methods , namely : observation , interviews , and documentation. The result showed that the implementation of group learning in RA Masyitoh Mertasinga good enough. This is evidenced by the planning , implementation and evaluation of learning by teachers at RA Masyitoh Mertasinga. Teachers before implementing the learning activities they prepare advance planning learning activities , which consists of : Daily Activity Plan ( RKH ) , Weekly Activity Plan ( RKM ) , Monthly Activity Plans are often called Program Semester . However, these institutions apparently not ready to accept the inclusion of students and development agencies in the early years are so good but in the last year 's stagnation may be due to the participant students from the local area only. While the implementation of learning BCCT (Beyond Center and Circle Time ) in early childhood learning in the Islamic RA As Sholeh has been good . In practice , learning activities using BCCT approach is already nearing the existing theories. This is evidenced by the planning , implementation and evaluation of learning by teachers at RA Islam As Sholeh . Teachers always have the training or apprenticeship of at least seminar that before implementing the learning activities always prepare good planning learning activities . Likewise, the implementation, in the learning process has been carried out in centers that classes are arranged with clear rules to on scaffolding which consists of four foothold and also the environment of the game has been neatly arranged . Institutions that have implemented BCCT learning turns out to be ready to accept students' inclusion and progress experienced very rapid even this institution , the wider public confidence even at the end of this month a new student registration has been closed.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr. H. Usman, S.S., M.Ag
Uncontrolled Keywords: Implementasi, Kelompok dan BCCT
Subjects: Pendidikan Islam (Pesantren)
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Guru RA - PAUD
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 23 Nov 2016 08:41
Last Modified: 23 Nov 2016 08:41
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/22630

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum