IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 PENDIDIKAN ANAK USIA DINI DALAM PEMBELAJARAN (Studi Kasus Pembelajaran dengan Pendekatan Saintifik dan Penilaian Otentik di TK ABA Ngampilan Yogyakarta dan TK Budi Mulia Dua Yogyakarta)

DEWI MAHMUDAH, NIM: 1420431002 (2016) IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 PENDIDIKAN ANAK USIA DINI DALAM PEMBELAJARAN (Studi Kasus Pembelajaran dengan Pendekatan Saintifik dan Penilaian Otentik di TK ABA Ngampilan Yogyakarta dan TK Budi Mulia Dua Yogyakarta). Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 PENDIDIKAN ANAK USIA DINI DALAM PEMBELAJARAN (Studi Kasus Pembelajaran dengan Pendekatan Saintifik dan Penilaian Otentik di TK ABA Ngampilan Yogyakarta dan TK Budi Mulia Dua Yogyakarta))
1420431002_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 PENDIDIKAN ANAK USIA DINI DALAM PEMBELAJARAN (Studi Kasus Pembelajaran dengan Pendekatan Saintifik dan Penilaian Otentik di TK ABA Ngampilan Yogyakarta dan TK Budi Mulia Dua Yogyakarta))
1420431002_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Kurikulum merupakan jantungnya pendidikan, tanpa kurikulum maka pendidikan tidak akan terlaksana dengan baik dan tidak dapat mencapai tujuan. Seiring dengan berubahnya kebutuhan bangsa dan kemajuan teknologi, kurikulum terus mengalami perubahan. Kehadiran kurikulum 2013 Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) merupakan kabar gembira bagi dunia pendidikan khususnya lembaga Pendidikan Anak Usia Dini, karena selama ini PAUD belum mempunyai kurikulum. Berawal dari hal tersebut, permasalahan dalam penelitian untuk mendeskripsikan secara kritis tentang bagaimana perencanaan implementasi kurikulum 2013 PAUD dalam pembelajaran, bagaimana proses pelaksanaan pembelajaran dengan pendekatan saintifik, bagaimana proses penilaian otentik dan bagaimana kendala yang dihadapi dan solusinya dalam mengimplementasikan kurikulum 2013 PAUD dalam pembelajaran dengan pendekatan saintifik dan penilaian otentik di TK ABA Ngampilan Yogyakarta dan TK Budi Mulia Dua Yogyakarta. Jenis penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan obyek penelitian TK ABA Ngampilan Yogyakarta dan TK Budi Mulia Dua Yogyakarta. Adapun sifat penelitian ini adalah deskriptif-kualitatif yang berupaya memberikan gambaran-gambaran tentang pelaksanaan pembelajaran dan penilaian yang ada, untuk mengeksplorasi data dilakukan dengan cara hubungan yang intensif dengan sumber data kepala sekolah, guru dan kegiatan pembelajaran. Data berupa uraian mengenai kegiatan atau perilaku subyek dan dokumen-dokumen lain yang diperoleh melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara umum bahwa: pertama, perencanaan implementasi kurikulum 2013 PAUD di 2 lembaga PAUD dengan penyusunan Program Semester, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Mingguan, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Harian, dan perencanaan penilaian. TK ABA Ngampilan telah merencanakan alat dan bahan yang beragam, akan tetapi di TK Budi Mulia Dua masih ada yang mnggunakan lembar kerja anak. Kedua, Proses pelaksanaan pembelajaran dengan pendekatan saintifik dilakukan saat pijakan sebelum main dan saat kegiatan main. Saat tahap mengkomunikasikan, TK ABA Ngampilan, guru mampu memberikan penegasan kepada anak, sedangkan di TK Budi Mulia Dua Yogyakarta masih ada beberapa guru yang belum memberikan penegasan saat anak mengkomunikasikan hasil temuannya. Ketiga, proses penilaian otentik dilakukan dengan penilaian harian yang menggunakan teknik pengumpulan data, kompilasi data mingguan, kompilasi data bulanan dan laporan perkembangan anak. Kedua lembaga PAUD tersebut menggunakan pedoman yang berbeda, untuk TK Budi Mulia Dua Yogyakarta masih menggunakan pedoman penilaian yang lama. Proses penilaian otentik di TK ABA Ngampilan telah terlaksana dengan baik, hanya saja pada kompilasi data mingguan perlu dieprbaiki lagi. Sedangkan di TK Budi Mulia Dua Yogyakarta masih perlu terus berlatih dalam melaksanakan catatan anekdot, pengolahan data, kompilasi data mingguan, kompilasi data bulanan serta dalam penulisan laporan perkembangan anak. Keempat, kendala yang dihadapi dan solusi dalam mengimplementasikan kurikulum 2013 PAUD di TK ABA Ngampilan dan TK Budi Mulia Dua Yogyakarta berbeda. Kendalanya antara lain: format perencanaan (Prosem, RPPM, RPPH dan Penilaian) yang rumit, pendekatan saintifik hanya dilakukan saat pembelajaran saja, proses saintifik yang tidak terekam selama bermain, kurangnya pengetahuan dalam tema sub tema dan kurangnya pengolahan data penilaian. Kendala lebih bersifat teknis karena belum terbiasa dan salah satu SDM merupakan tim penyusun kurikulum 2013 PAUD serta beberapa SDM banyak dilibatkan dalam diklat skala nasional. Solusi untuk kendala tersebut antara lain: komunikasi antar guru untuk memahamkan format perencanaan, pembiasaan saintifik di setiap aktifitas sekolah dan sosialisasi kepada orang tua, peninjauan ulang dalam pemilihan sub tema serta pembagian tugas pengolahan data antara guru sentra dan guru kelas. Kendala yang dihadapi TK Budi Mulia Dua Yogyakarta dalam mengimplementasikan kurikulum 2013 PAUD antara lain: pola pembelajaran terpusat pada guru, kurangnya ide untuk membuat kegiatan main yang menstimulasi aspek perkembangan secara terpadu, kurangnya pengetahuan anak dalam membahas tema sub tema, format instrument penilaian yang berubah, kesulitan dalam menulis anekdot serta pengolahan data. Kendala yang dihadapi TK Budi Mulia Dua lebih krusial karena masih mengenai pemahaman guru tentang prinsip pembelajaran dengan pendekatan saintifik dan dalam melaksanakan penilaian otentik. Adapun solusi untuk menghadapi kendala antara lain: pelatihan pembelajaran yang terpusat pada anak, kerjasama dalam menciptakan kegiatan main yang kreatif dan terpadu, peninjauan ulan tema sub tema, siap dengan perubahan instrument dan terus berlatih dalam melaksanakan pendokumentasian data dan pengolahan data. Kata Kunci: Kurikulum 2013 PAUD, pendekatan saintifik, penilaian otentik

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr. Sabarudin, M. Si
Uncontrolled Keywords: Kurikulum 2013 PAUD, pendekatan saintifik, penilaian otentik
Subjects: Pendidikan Islam (Pesantren)
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Guru RA - PAUD
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 01 Dec 2016 09:17
Last Modified: 01 Dec 2016 09:17
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/22631

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum