NILAI-NILAI PLURALISME AGAMA DALAM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (TELA'AH MATERI PENDIDIKAN AKIDAH AKHLAK UNTUK MA KURIKULUM STANDAR KOMPETENSI DEPAG RI 2004 )

RAHMAT KAMAL, NIM. 02411113 (2006) NILAI-NILAI PLURALISME AGAMA DALAM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (TELA'AH MATERI PENDIDIKAN AKIDAH AKHLAK UNTUK MA KURIKULUM STANDAR KOMPETENSI DEPAG RI 2004 ). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (NILAI-NILAI PLURALISME AGAMA DALAM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (TELA'AH MATERI PENDIDIKAN AKIDAH AKHLAK UNTUK MA KURIKULUM STANDAR KOMPETENSI DEPAG RI 2004 ).)
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (9MB) | Preview
[img] Text (NILAI-NILAI PLURALISME AGAMA DALAM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (TELA'AH MATERI PENDIDIKAN AKIDAH AKHLAK UNTUK MA KURIKULUM STANDAR KOMPETENSI DEPAG RI 2004 ).)
BAB II, III, IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Skripsi ini bertujuan untuk menggali nilai-nilai pluralisme agama dalam materi Pendidikan Akidah Akhlak yang ada dalam kurikulum standar kompetensi Depag RI 2004. Kurikulum dan Pendidikan Akidah Akhlak sangat signifikan dalam mentransformasikan nilai-nilai pluralisme agama, karena tujuan pendidikan tidak akan bisa dicapai tanpa adanya kurikulum, sementara materi Akidah Akhlak akan menentukan sikap keberagamaan seseorang. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi bagi pengembangan Pendidikan Akidah Akhlak yang lebih terbuka demi terciptanya kerukunan umat beragama. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang datanya diperoleh melalui sumber literer (Library Research), yaitu kajian literer melalui riset kepustakaan. Sumber datanya adalah kurikulum standar kompetensi mata pelajaran Pendidikan Akidah Akhlak yang diterbitkan oleh Depag RI 2004, bukubuku yang berkaitan dengan pendidikan dan pluralisme agama. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan filosofis dengan anlisis isi (Content Ananlisys), yakni teknik yang digunakan untuk menarik kesimpulan melalui usaha menemukan karakteristik pesan yang dilakukan secara sistematis dan obyektif. Hasil penelitian menunjukan dalam materi kurikulum Pendidikan Akidah Akhlak terkandung nilai-nilai pluralisme agama yang sangat minim dengan persentase 29 % dari keseluruhan materi yang ada, di antara nilai-nilai tersebut, antara lain: Toleraosi dao Saling Menghargai, terdapat dalam materi kelas XI dengan standar kompetensi "Akhlak terpuji yang terdiri dari solidaritas, tasamuh, ta'awun, dan sating menghargai'', Inklusif (bersikap terbuka) terdapat dalam materi "Hakikat beriman kepada kitab-kitab Allah" (kelas X, standar kompetensi ke-3, materi ke-1), Persamaao dao Persaudaraan Sebangsa terdapat dalam materi "adab iffah, musawah, dan ukhuwah" (kelas X, standar kompetensi ke-2, materi-ke-3), Aktif (dialogis) terdapat dalam materi "Akhlak Tercela" dengan kompetensi dasar "menghindari akhlak tercela dalam kehidupan sehari-hari seperti pasif, pesimis, putus asa, dan bergantung kepada orag lain" (kelas X, standar kompetensi ke-2, materi ke-3 ), Bijaksana terdapat dalam materi "Akhlak terpuji dalam kehidupan sehari-hari" (kelas X, standar kompetensi ke-3, materi ke-2), Husnuddzan (berbaik sangka), terdapat dalam materi "Akhlak tercela" dengan kompetensi dasar "menghindari akhlak tercela dalam kehidupan sehari-hari seperti memfitnah, mencuri, picik, hedonisme, ananiah, dan matrealistik" (kelas XI, standar kompetensi ke-3, materi ke-3), Cinta Tanah Air terdapat dalam materi "Akhlak Terpuji terhadap bangsa" (kelas XI, standar kompetensi ke- 2, materi ke-2).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Muqowim, M.Ag NIP.150285981
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Edi Prasetya [edi_hoki]
Date Deposited: 22 Jun 2017 10:29
Last Modified: 22 Jun 2017 10:29
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/22637

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum