MUATAN BUDAYA DALAM BUKU TEKS PELAJARAN BAHASA ARAB UNTUK SISWA MADRASAH ALIYAH KELAS X KURIKULUM 2013 TERBITAN KEMENTERIAN AGAMA (TINJAUAN ANALISIS TEORI MICHAEL BYRAM)

LAILA SHOFIANA, NIM. 1420410021 (2016) MUATAN BUDAYA DALAM BUKU TEKS PELAJARAN BAHASA ARAB UNTUK SISWA MADRASAH ALIYAH KELAS X KURIKULUM 2013 TERBITAN KEMENTERIAN AGAMA (TINJAUAN ANALISIS TEORI MICHAEL BYRAM). Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (MUATAN BUDAYA DALAM BUKU TEKS PELAJARAN BAHASA ARAB UNTUK SISWA MADRASAH ALIYAH KELAS X KURIKULUM 2013 TERBITAN KEMENTERIAN AGAMA (TINJAUAN ANALISIS TEORI MICHAEL BYRAM))
1420410021_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (13MB) | Preview
[img] Text (MUATAN BUDAYA DALAM BUKU TEKS PELAJARAN BAHASA ARAB UNTUK SISWA MADRASAH ALIYAH KELAS X KURIKULUM 2013 TERBITAN KEMENTERIAN AGAMA (TINJAUAN ANALISIS TEORI MICHAEL BYRAM))
1420410021_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

LAILA SHOFIANA, Muatan Budaya Dalam Buku Teks Pelajaran Bahasa Arab untuk Siswa Madrasah Aliyah kelas X Kurikulum 2013 terbitan Kementerian Agama (Tinjauan Analisis Berdasarkan Teori Michael Byram), Tesis, Yogyakarta Pascasarjana UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2016. Penelitian ini mengkaji muatan budaya buku teks bahasa Arab kelas X Madrasah Aliyah terbitan Kementerian Agama dengan teori Kajian Budaya Michael Byram. Metode penelitian ini adalah library research. Pengumpulan data penelitian dilakukan dengan tehnik dokumentasi. Sumber data ditentukan, dicari, dikumpulkan dan kemudian dianalisis dengan analisis isi (Content Analysis). Hasil penelitian mutan budaya dalam buku teks bahasa Arab untuk siswa Madrasah Aliyah kelas X Kurikulum 2013 terbitan Kementerian Agama adalah pertama, muatan budaya pada buku tersebut dari sisi dari sisi budaya secara umum mayoritas berisikan budaya dan dari sisi budaya bahasa buku tersebut mayoritas berisikan budaya bahasa Arab. Kedua, kelebihan muatan budaya dalam buku tersebut adalah pertama, muatan budaya pada buku tersebut sesuai dengan tujuan kurikulum 2013, kedua, buku tersebut tidak mengesampingkan budaya bahasa Arab. Adapun kekurangan buku tersebut dalam hal muatan budaya adalah pertama, budaya Indonesia maupun budaya Arab secara umum hanya disajikan dalam bentuk kata atau ungkapan, kedua, penyajian gambar kurang seimbang antara budaya Indonesia dan budaya Arab, ketiga, belum menyajikan padanan atau sinonim kosakata atau ungkapan dalam bentuk budaya bahasa Arab. Ketiga, kelebihan buku Michael Byram adalah pertama, tema pembahasan dalam buku tersebut telah mencakup semua aspek yang terkait dengan pembelajaran bahasa asing, kedua, meskipun dalam buku yang terpisah, kategori/kandungan muatan budaya dalam pembelajaran bahasa asing mencakup kehidupan manusia secara luas. Sedangkan kekurangannya adalah pertama, kategori/kandungan muatan budaya Byram dan teman-temannya dapat dikerucutkan menjadi tiga kategori yaitu identitas, sosialisasi dan kehidupan, dan biografi. Kedua, kurang tajamnya pembahasan dalam hal budaya bahasa.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Prof. Dr. Barmawi Munthe, M.A
Uncontrolled Keywords: Budaya, Pembelajaran Bahasa Asing, Buku Teks Pelajaran, Kurikulum 2013.
Subjects: Pendidikan Islam (Pesantren)
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Islam
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 22 Nov 2016 13:55
Last Modified: 22 Nov 2016 13:55
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/22639

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum