MANAJEMEN PENGEMBANGAN MUTU KINERJA GURU SD MUHAMMADIYAH SAPEN YOGYAKARTA

HARDIANTI, SPDI, NIM. 1420410023 (2016) MANAJEMEN PENGEMBANGAN MUTU KINERJA GURU SD MUHAMMADIYAH SAPEN YOGYAKARTA. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (MANAJEMEN PENGEMBANGAN MUTU KINERJA GURU SD MUHAMMADIYAH SAPEN YOGYAKARTA)
1420410023_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (5MB) | Preview
[img] Text (MANAJEMEN PENGEMBANGAN MUTU KINERJA GURU SD MUHAMMADIYAH SAPEN YOGYAKARTA)
1420410023_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (1MB)

Abstract

Hardianti (Nim. 1420410023), Manajemen Pengembangan Mutu Kinerja Guru SD Muhammadiyah Sapen Yogyakarta. Program Studi Pendidikan Islam (PI), Konsentrasi Manajemen dan Kebijakan Pendidikan Islam (MKPI), Pascasarjana UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2016. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui mutu kinerja guru SD Muhammadiyah Sapen Yogyakarta, manajemen pengembangan mutu kinerja guru SD Muhammadiyah Sapen Yogyakarta, dan mengetahui faktor penghambat manajemen pengembangan mutu kinerja guru SD Muhammadiyah Sapen Yogyakarta beserta solusinya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif, sedangkan jenis dan pendekatan yang digunakan adalah jenis teori grounded, dan pendekatannya deskriptif kualitatif. Sumber data yang digunakan yaitu dokumen dan narasumber. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, dokumentasi, dan wawancara mendalam. Analisis data dilakukan dengan menggunakan konsep Miles And Huberman yaitu data reduction, data display, dan conclusion Drawing and verfication. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pertama, mutu kinerja guru SD Muhammadiyah Sapen masuk dalam kategori baik, hal ini didasarkan pada penilaian PKG guru, input, proses, output, dan outcome pendidikan SD Muhammadiyah Sapen Yogyakarta. Kedua, manajemen pengembangan mutu kinerja guru SD Muhammadiyah Sapen tidak lepas dari tahap perencanaan, tahap pengorganisasian, tahap pengarahan, dan sampai pada tahap pengawasan dapat berjalan dengan baik dan menggunakan sistem dan prosedur yang menjadi kultur organisasi yang lahir dari dalam organisasi sendiri, dengan menganut perspektif manajemen yang efektif dan efesien.Ketiga, Adapun faktor penghambat pengembangan mutu kinerja guru SD Muhammadiyah Sapen Yogyakarta terletak pada faktor internal guru yaitu;motivasi, komitmen, persepsi atau mindset yang dimiliki. Solusi terkait hambatan tersebut melalui kebijakan sistem sekolah, motivasi dari pimpinan, teman sejawat, dukungan/support lembaga untuk pengembangan diri (karier), pembinaan, pelatihan dan pendidikan, serta pemberian beasiswa untuk program studi lanjut, dan berbagai macam kegiatan untuk mengembangkan diri seperti mengikuti karya tulis ilmiah.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information / Pembimbing: Dr. H. Khamim Zarkasih Putro M.Si.
Uncontrolled Keywords: Manajemen, Pengembangan, Kinerja Guru
Subjects: Pendidikan Islam (Pesantren)
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Islam
Depositing User / Editor: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 22 Nov 2016 13:57
Last Modified: 22 Nov 2016 13:57
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/22640

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum