PENGEMBANGAN MEDIA SOSIAL WHATSAPP SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI SMP IT MASJID SYUHADA YOGYAKARTA

ARINI IZZATI KHAIRINA, SPD I, NIM. 1420410052 (2016) PENGEMBANGAN MEDIA SOSIAL WHATSAPP SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI SMP IT MASJID SYUHADA YOGYAKARTA. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN MEDIA SOSIAL WHATSAPP SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI SMP IT MASJID SYUHADA YOGYAKARTA)
1420410052_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (7MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN MEDIA SOSIAL WHATSAPP SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI SMP IT MASJID SYUHADA YOGYAKARTA)
1420410052_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (8MB)

Abstract

Arini Izzati Khairina, 1420410052. Pengembangan Media Soial WhatsApp Sebagai Media Pembelajaran Bahasa Arab di SMP IT Masjid Syuhada Yogyakarta. 2016. Di era teknologi yang semakin canggih, smartphone merupakan alat komunikasi yang telah meluas ditengah masyarakat maupun dikalangan pelajar. Media sosial yang terdapat dalam smartphone merupakan media interaksi sosial yang menawarkan efisiensi, kemudahan diakses dan daya jelajah lebih luas. Sedangkan WhatsApp merupakan suatu layanan pesan yang menggunakan sambungan internet ponsel pengguna untuk chatting dengan pengguna WhatsApp lainnya. Dengan WhatsApp, orang bisa saling tukar pesan, gambar, audio, video, lokasi dan kontak.Oleh karena itu, penelitian ini penulis anggap penting dilakukan dengan tujuan memanfaatkan WhatsApp sebagai media pembelajaran bahasa Arab guna menunjang pembelajaran bahasa Arab di kelas. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori B.F Skinner yang memanfaatkan teknologi pembelajaran berdasarkan teori behaviorisme. teori ini bertujuan mengubah tingkah laku peserta didik berdasarkan paradigma S-R (Stimulus Respons) yaitu proses yang memberikan respons tertentu terhadap apa yang datang dari luar diri individu. Sebagai landasan penggunaan media menggunakan teori kognitif Bruner yang mengungkapkan bahwa perkembangan kognitif sesorang berdasarkan tiga tahapan, yaitu: Tahapan Pengalaman Langsung, Tahapan Pictorial dan Tahapan Simbolik. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian dan pengembangan atau Research and Development (R&D). Adapun teori pengembangan dalam penelitian ini, penulis mengacu pada langkah-langkah pengembangan yang dideskripsikan Brog and Gall oleh sugiyono dalam buku metode kualitatif, kuantitatif dan (R&D) dengan sepuluh tahapan. Analisis data pada penelitian ini menggunakan teknik deskriptif kuantitatif dengan menggunakan pengukuran skala likert. Sedangkan instrumen pengumpulan data dalam penelitian ini penulis menggunakan angket wawancara, dan dokumentasi. Dari hasil penelitian ini diperoleh kesimpulan bahwa:Pertama, penelitian ini menghasilkan produk media pembelajaran bahasa Arab berbasis media sosial WhatsApp berupa media visual dengan materi pokok" ���� , ا �� ر �� ا � ���� , ا ����� ا ����� , ا �� ا��� , ا ���� ا �" untuk kelas VIII SMP IT Masjid Syuhada Yogyakarta. Jenis media ini hanya dibatasi dengan memuat teks dan gambar dan penggunaan media ini dengan mengirim gambar kedalam group WhatsApp. Adapun langkah-langkah desain media ini melalui 10 tahapan yaitu potensi masalah, mengumpulkan informasi, desain produk, validasi desain, revisi produk, uji coba produk, revisi produk, uji coba pemakaian, revisi produk dan pembuatan produk masal Kedua, hasil validasai dari ahli materi dapat diketahui bahwa kualitas materi dalam media pembelajaran ini memiliki kriteria sangat baik dengan skor rata-rata 73. Dan hasil validasi dari ahli media memiliki kriteria sangat baik dengan memperoleh skor x rata-rata 70. Sedangkan dari subjek uji coba mendapat kriteria baik dengan memperoleh skor rata-rata 54,46. Ketiga, Untuk kelayakan pengembangan Media sosial WhatsApp sebagai pembelajaran bahasa Arab ini memiliki kriteria dari masing-masing ahli materi 85,5%, ahli media 93,3% dan siswa 72,6% sehingga mendapat skor rata-rata 83,8% dengan kriteria sangat layak digunakan sebagai penunjang pembelajaran bahasa Arab kelas VIII SMP IT Syuhada Yogyakarta

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr. Abdul Munip, M.Ag
Uncontrolled Keywords: WhatsApp, Media Pembelajaran, Bahasa Arab
Subjects: Pendidikan Islam (Pesantren)
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Islam
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 22 Nov 2016 15:23
Last Modified: 22 Nov 2016 15:23
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/22644

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum