ANALISIS KEBIJAKAN PENGEMBANGAN PROGRAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI BOARDING SCHOOL MADRASAH ALIYAH NEGERI CIAWIGEBANG KUNINGAN JAWA BARAT

MOHAMMAD AMAR SHODIQ, NIM. 1420410053 (2016) ANALISIS KEBIJAKAN PENGEMBANGAN PROGRAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI BOARDING SCHOOL MADRASAH ALIYAH NEGERI CIAWIGEBANG KUNINGAN JAWA BARAT. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (ANALISIS KEBIJAKAN PENGEMBANGAN PROGRAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI BOARDING SCHOOL MADRASAH ALIYAH NEGERI CIAWIGEBANG KUNINGAN JAWA BARAT)
1420410053_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text (ANALISIS KEBIJAKAN PENGEMBANGAN PROGRAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI BOARDING SCHOOL MADRASAH ALIYAH NEGERI CIAWIGEBANG KUNINGAN JAWA BARAT)
1420410053_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Mohammad Amar Shodiq. 1420410053. Analisis Kebijakan Pengembangan Program Pmbelajaran Bahasa Arab Di Boarding School Madrasah Aliyah Negeri Ciawigebang Kuningan Jawa Barat. Tesis. Yogyakarta: Jurusan Ilmu Pendidikan konsentrasi Pendidikan Bahasa Arab pascasarjana UIN Sunan Kalijaga, 2016. Penelitian ini menggunakan pendekatan kombinasi model/desain concurrent embedded, dimana metode penelitian kualitatif digunakan sebagai metode perimer dan metode penelitian kuantitatif sebagai metode sekunder dengan menggunakan analisis data kualitatif yang meliputi reduksi data, penyajian data, kesimpulan dan verivikasi, serta didukung adanya analisis kuantitatif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana proses pembuatan kebijakan pengembangan program pembelajaran bahasa Arab di MAN Ciawigebang Kuningan dengan menggunakan metode analisis kebijakan Wiliam N Dunn yang meliputi lima prosedur yaitu perumusan masalah, peramalan, rekomendasi, pemantauan dan evaluasi, serta efektivitas kebijakan tersebut. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1). Latar belakang munculnya perumusan masalah pembuatan kebijakan pengembangan program pembelajaran bahasa Arab di MAN Ciawigebang meliputi beberapa hal diantaranya: Disadari adanya permasalahan yang terjadi di lingkungan sekolah yang meliputi aspek pendalaman kurikulum bahasa Arab dan keagamaan madrasah dirasa kurang, dan bahasa Arab selalu menjadi second line. Metode perumusan masalah yang dilakukan di MAN Ciawigebang lebih condong ke analisis hirarkis. Sedangkan bentuk peramalan berkaitan dengan proyeksi, yang peramalannya didasarkan atas kecenderungan masa lalu, maupun masa kini ke masa depan, terlihat begitu dominan digunakan di MAN Ciawigebang. Metode dan teknik peramalan ekstrapolatif kiranya sejalan dan merepesentasikan dengan apa yang dipakai di MAN Ciawigebang. (2). Bentuk-bentuk kebijakan pengembangan program pendidikan bahasa Arab di MAN Ciawigebang meliputi kurikulum, hari berbahasa asing, diberlakukannya raport dan izajah, pemilihan dan pengangkatan guru. Rekomendasi-rekomendasi kebijakan seperti diadakannya boarding school bagi pengembangan pendidikan bahasa Arab dapat menuai manfaat yang diharapkan oleh berbagai pihak. Metode dan teknik rekomendasi atas dasar analisis biaya manfaat kiranya sejalan dengan apa yang ada di MAN Ciawigebang terlihat nyata. Sedangkan metode pemetaan hambatan sejauh ini terlihat nyata dipakai, namun kurang bisa diterapkan secara menyeluruh. (3). Pendekatan sintetis riset dan praktek kiranya sejalan dengan apa yang diadopsi oleh MAN Ciawigebang dalam melakukan pemantauan hasil kebijakannya. Evaluasi formal memainkan peranan yang sejalan dengan apa yang dipakai oleh MAN Ciawigebang di dalam mengevaluasi hasil kebijakannya, ditambah lagi konsep demokratis dipakai oleh MAN Ciawigebang di dalam merumuskan sebuah kebijakan tertentu. (4) Hasil komparasi terhadap hasil belajar/nilai peserta didik yang mengikuti program boarding dan tidak mengikuti program boarding, menunjukkan nilai signifikansi sebesar 0,005, 0,002 dan 0,000. Hal tersebut viii membuktikan bahwasannya penerapan kebijakan pengembangan program pembelajaran bahasa Arab melalui adanya boarding school efektif di terapkan di dalam mendukung peningkatan hasil belajar Bahasa Arab peserta didik MAN Ciawigebang.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr. Sukiman. M.Pd
Uncontrolled Keywords: Analisis Kebijakan dan Pengembangan Program
Subjects: Pendidikan Islam (Pesantren)
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Islam
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 22 Nov 2016 15:25
Last Modified: 22 Nov 2016 15:25
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/22645

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum