EFEKTIVITAS KONSELING ISLAMI DENGAN PENDEKATAN CLIENT CENTERED THERAPY UNTUK MENINGKATKAN KEDISIPLINAN BELAJAR SISWA KELAS VIII MTS NEGERI JANTEN, TEMON, KULON PROGO

LUTFIA LATIFAH HANUM,SPD, NIM. 1420410057 (2016) EFEKTIVITAS KONSELING ISLAMI DENGAN PENDEKATAN CLIENT CENTERED THERAPY UNTUK MENINGKATKAN KEDISIPLINAN BELAJAR SISWA KELAS VIII MTS NEGERI JANTEN, TEMON, KULON PROGO. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (EFEKTIVITAS KONSELING ISLAMI DENGAN PENDEKATAN CLIENT CENTERED THERAPY UNTUK MENINGKATKAN KEDISIPLINAN BELAJAR SISWA KELAS VIII MTS NEGERI JANTEN, TEMON, KULON PROGO)
1420410057_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text (EFEKTIVITAS KONSELING ISLAMI DENGAN PENDEKATAN CLIENT CENTERED THERAPY UNTUK MENINGKATKAN KEDISIPLINAN BELAJAR SISWA KELAS VIII MTS NEGERI JANTEN, TEMON, KULON PROGO)
1420410057_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas Konseling Islami dengan pendekatan Client Centered Therapy untuk meningkatkan kedisiplinan belajar siswa Kelas VIII MTs Negeri Janten, Temon, Kulon Progo, Tahun Pelajaran 2015/2016. Metode penelitian menggunakan pendekatan Mixed method dengan desain deskriptif ekplanatori, artinya pengumpulan data secara kuantitatif dan metode kualitatif berperan untuk membuktikan, memperdalam dan memperluas penulisan. Populasinya siswa kelas VIII MTs Negeri Janten, Temon, Kulon Progo, teknik sampel yang digunakan adalah Purposive Sampling dan Cluster Random Sampling. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII MTs Negeri Janten, Temon, Kulon Progo yang berjumlah 7 (tujuh) siswa yang mengalami kedisiplinan belajar rendah. Teknik skala kedisiplinan belajar digunakan untuk mendapatkan data kuantitatif sedangkan teknik kuesioner, observasi, wawancara dan dokumentasi yang dianalisis sebagai data kualitatif. Pemberian layanan Konseling Islami dengan pendekatan Client Centered Therapy yang dilakukan secara kelompok berlangsung dalam 5 tahap dan setiap tahapnya berlangsung sekitar 60-90 menit. Penelitian ini dirancang menggunakan one group pre-test and post-test design (desain perlakuan ulang) dengan mengukur sebelum diberikan perlakuan dan setelah diberikan perlakuan. Pengukuran kedisiplinan belajar siswa dilakukan dengan menggunakan skala kedisiplinan belajar siswa. Skala menggunakan model skala Likert yang dikalibrasikan dengan uji validitas dan koefisien reliabilitas. Uji Validitas butir dihitung dengan memakai koefisien Alpha Cronbach. Data penelitian dianalisis dengan menggunakan analisis Uji Wilcoxon (Wilcoxon Signed Rangk Test). Uji analisis dihitung dengan bantuan program SPSS for windows seri 17. Hasil analisis data menunjukkan bahwa Konseling Islami dengan pendekatan Client Centered Therapy terbukti efektif untuk meningkatkan Kedisiplinan Belajar Siswa dari kategori rendah (pre-test) menjadi kategori tinggi (post-test) setelah perlakuan. Hasil analisis ditemukan bahwa terdapat pengaruh berupa peningkatan kedisiplinan belajar siswa antara skor pre-test dan post-test dengan nilai sign = 0,017; p 0.05. Hasil analisis kuantitatif dan kualitatif menunjukkan bahwa Konseling Islami dengan pendekatan Client Centered Therapy efektif dalam meningkatkan kedisiplinan belajar siswa kelas VIII MTs Negeri Janten, Temon, Kulon Progo.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr. H. Moh Anies, MA
Uncontrolled Keywords: Konseling Islam dengan pendekatan Client Centered Therapy, Kedisiplinan Belajar Siswa
Subjects: Pendidikan Islam (Pesantren)
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Islam
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 22 Nov 2016 15:33
Last Modified: 22 Nov 2016 15:33
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/22647

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum