PENGEMBANGAN BAHAN AJAR INSYA’ DALAM PEMBELAJARAN KITABAH DI PERGURUAN ISLAM MATHALI’UL FALAH PATI

MUHAMMAD ZAENURI, SPDI, NIM. 1420410067 (2016) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR INSYA’ DALAM PEMBELAJARAN KITABAH DI PERGURUAN ISLAM MATHALI’UL FALAH PATI. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN BAHAN AJAR INSYA’ DALAM PEMBELAJARAN KITABAH DI PERGURUAN ISLAM MATHALI’UL FALAH PATI)
1420410067_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (8MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN BAHAN AJAR INSYA’ DALAM PEMBELAJARAN KITABAH DI PERGURUAN ISLAM MATHALI’UL FALAH PATI)
1420410067_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Bahan ajar merupakan salah satu komponen yang menunjang kegiatan belajar mengajar sehingga dapat mengantarkan arah tujuan yang ingin dicapai. Seiring dengan perkembangan zaman, bahan ajar perlu dikembangkan sesuai dengan kebutuhan. Bahan ajar di Perguruan Islam Mathali‟ul Falah menunjukkan bahwa materi insya’ lebih ditekankan pada mentarjamah dari bahasa Indonesia kedalam bahasa Arab. Serta dalam proses pembelajarannya tidak disertai dengan adanya buku pegangan khusus untuk materi insya’. Hal tersebut menimbulkan perbedaan pada setiap guru dalam menyusun materi ajar insya’. Penelitian ini bertujuan mengetahui desain, validitas dan efektifitas bahan ajar insya’ dalam pembelajaran kitabah Siswa Kelas II MA Perguruan Islam Mathali‟ul Falah Kajen-Pati Metode penelitian yang digunakan adalah model penelitian dan pengembangan dengan tahapan yang terdiri dari 1) tahap eksplorasi, 2) tahap pengembagan bahan ajar, 3) tahap uji coba bahan ajar, dan 4) tahap diseminasi. Subjek penelitian adalah siswa kelas II aliyah B di Perguruan Islam Mathali‟ul Falah Pati yang berjumlah 37 siswa. Data diperoleh dari hasil pre-test dan posttest siswa. Kemudian diuji prasyarat analisis menggunakan uji normalitas dan homogenitas. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa dirumuskan tujuan pembelajaran insya’ muwajjah untuk tingkat aliyah kelas dua yaitu siswa mampu mengidentifikasi susunan kalimat bahasa Arab, mampu mengolah kata-kata menjadi susunan kalimat bahasa Arab yang baik dan benar, serta mampu mengungkapkan ide dan pikiran dalam bentuk tulisan berbahasa Arab dengan baik dan benar. Dengan indikator desain sebagai berikut: wad’u al-jumlah, wad’u aljumal, wad’u al-faqrah, wasfu al-ansyitah, tahlil al-jumlah, al-talkhis, binyah alkita bah, dan al-qissah. Para pakar menilai melalui delphy bahwa bahan ajar insya’ layak untuk digunakan. Kemudian bahan ajar insya’ yang digunakan efektif untuk meningkatkan pembelajaran kitabah, dengan nilai siswa terhadap pre-test yang menunjukkan rata-rata nilai ketercapaian adalah 69,3 dan post-test menunjukkan nilai rata-rata nilai ketercapaian 78,1. Berdasarkan hasil pre-test dan post-test menunjukkan kenaikan yang signifikan sebesar 12,6%.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr. Ibnu Burdah, M.A
Uncontrolled Keywords: Bahan Ajar Insya’ . Kitabah
Subjects: Pendidikan Islam (Pesantren)
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Islam
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 22 Nov 2016 15:41
Last Modified: 22 Nov 2016 15:41
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/22650

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum