KONTEKSTUALISASI PEMIKIRAN PENDIDIKAN PESANTREN TUAN GURU HAJI MUHAMMAD SHALEH HAMBALI BENGKEL AL-AMPENANI

MUHAMMAD HATIM, SPDI, NIM. 1420410081 (2016) KONTEKSTUALISASI PEMIKIRAN PENDIDIKAN PESANTREN TUAN GURU HAJI MUHAMMAD SHALEH HAMBALI BENGKEL AL-AMPENANI. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (KONTEKSTUALISASI PEMIKIRAN PENDIDIKAN PESANTREN TUAN GURU HAJI MUHAMMAD SHALEH HAMBALI BENGKEL AL-AMPENANI)
1420410081_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text (KONTEKSTUALISASI PEMIKIRAN PENDIDIKAN PESANTREN TUAN GURU HAJI MUHAMMAD SHALEH HAMBALI BENGKEL AL-AMPENANI)
1420410081_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

MUHAMMAD HATIM, Nim. 1420410081, 2016, Kontekstualisasi Pemikiran Pendidikan Pesantren Tuan Guru Haji Muhammad Shaleh Hambali Bengkel al-Ampenani, Pembimbing Dr. Hamdan Daulay, M.Si., M.A Penelitian ini dilatar belakangi oleh berbagai persoalan yang terjadi di pesantren, diantaranya: Pertama, dari segi kepemimpinan pesantren secara kukuh masih terpola dengan kepemimpinan yang sentraslistik dan hirarkis yang berpusat pada satu orang kyai. Pola seperti ini akan berdampak kurang prospektif bagi kesinambungan pesantren bagi masa depan. Banyak pesantren yang sebelumnya populer, tiba-tiba hilang begitu saja karena sang kyai meninggal dunia. Kedua, kelemahan di bidang metodologi. Telah umum diketahui bahwa pesantren mempunyai tradisi yang kuat di bidang transmisi keilmuan klasik. Namun, karena kurang adanya improvisasi metodologi, proses transmisi itu hanya melahirkan penumpukan keilmuan. Ketiga, terjadinya disorientasi, yakni pesantren kehilangan kemampuan mendefinisikan dan memposisikan dirinya di tengah realitas sosial yang sekarang ini terjadi perubahan yang demikian cepat. Dari sinilah penulis tertarik mengkaji tentang gagasan-gagasan atau pemikiran Tuan Guru Haji Muhammad Shaleh Hambali Bengkel al-Ampenani mengenai pendidikan pesantren. Fokus penelitian ini setidaknya menjawab dua persoalan, yaitu: 1) Bagaimana pemikiran Tuan Guru Haji Muhammad Shaleh Hambali Bengkel al-Ampenani mengenai pendidikan pesantren?, 2) Bagaimana kontekstualisai pemikiranTuan Guru Haji Muhammad Shaleh Hambali Bengkel al-Ampenani mengenai pendidikan pesantren dengan konteks kekinian? Penelitian ini merupakan penelitian Library reseach yang bersifat analitisdeskriptif dengan objek penelitiannya kepustakaan baik buku, artikel, surat kabar, dan lain-lain. Proses pengumpulan data dalam Tesis ini menggunakan dokumentasi yaitu cara untuk mengumpulkan data dengan mencari data mengenai hal-hal atau variabel yang berupa catatan, transkip, buku, suarat kabar, majalah, prasasti, notulen, dan sebaginya. Dalam penelitian ini penulis menggunakan pendekatan historis dan juga metode analisa menggunakan contetn analisys atau analisisis isi. Pendekatan ini dianggap relevan karena objek kajian dalam penelitian ini mengkaji biografi dan peran sang tokoh. Untuk mengurai persoalan-persoalan yang mendasar dari pemikiran dan gagasan sang tokoh penulis menggunakan teori sejarah pemimkiran Kuntowijoyo. Sedangkan analisa untuk menganalisis pemikiran sang tokoh juga kontekstualisainya dengan konteks kekinian. Hasil peneltian ini adalah rumusan pemikiran Tuan Guru Haji Muhammad Shaleh Hambali Bengkel al-Ampenani mengenai pendidikan pesantren, berupa pemikiran tentang (1) dasar dan tujuan pendidikan pesantren (2) pendidik (3) peserta didik (4) metode pendidikan pesantren (5) kurikulum atau materi pendidikan pesantren dan kontekstualisasinya dengan dinamika kekinian.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr. Hamdan Daulay, M.A
Uncontrolled Keywords: Kontekstualisasi, Pemikiran, Pendidikan Pesantren, TGH. Muhammad Shaleh Hambali
Subjects: Pendidikan Islam (Pesantren)
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Islam
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 22 Nov 2016 15:44
Last Modified: 22 Nov 2016 15:44
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/22652

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum