JILBAB SEBAGAI GAYA HIDUP WANITA MODERN ( STUDI KASUS DI KALANGAN MAHASISWI FAKULTAS TARBIYAH DAN DIRASAT ISLAMIYAH UNIVERSITAS AHMAD DAHLAN YOGYAKARTA )

MEITIA ROSALINA YUNITA SARI, NIM. 1420410097 (2016) JILBAB SEBAGAI GAYA HIDUP WANITA MODERN ( STUDI KASUS DI KALANGAN MAHASISWI FAKULTAS TARBIYAH DAN DIRASAT ISLAMIYAH UNIVERSITAS AHMAD DAHLAN YOGYAKARTA ). Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (JILBAB SEBAGAI GAYA HIDUP WANITA MODERN ( STUDI KASUS DI KALANGAN MAHASISWI FAKULTAS TARBIYAH DAN DIRASAT ISLAMIYAH UNIVERSITAS AHMAD DAHLAN YOGYAKARTA ))
1420410097_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text (JILBAB SEBAGAI GAYA HIDUP WANITA MODERN ( STUDI KASUS DI KALANGAN MAHASISWI FAKULTAS TARBIYAH DAN DIRASAT ISLAMIYAH UNIVERSITAS AHMAD DAHLAN YOGYAKARTA ))
1420410097_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Meitia Rosalina Yunita Sari.Jilbab Sebagai Gaya Hidup Modern ( Studi Kasus di Kalangan Mahasiswi Fakultas Tarbiyah dan Dirasat Islamiyah universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta ). Tesis, Pascasarjana Universitas Islam Negri Sunan Kalijaga. Yogyakarta, 2016. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh jilbab yang pada awalnya identik dengan keterkungkungan dan dianggab sangat berlawanan dengan modernitas. Namun dalam perkembanganya jilbab berbalik arah, berkembang dan maju seiringan dengan kemodernan . jilbab memikat hati para mahasiswi untuk berjilbab tanpa meninggalkan modernitas, dan memunculkan pemahaman jilbab yang berbeda. Untuk itu peneliti tertarik untuk meneliti bagaimana jilbab menjadi gaya hidup wanita Islam modern dikalangan mahasiswi Fakultas tarbiyah Dirasaat Islamiyah Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta. Jenis Penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif, Dalam penelitian kualitatif jumlah sampel bukan kriteria utama tetapi lebih ditekankan pada sumber data yang dapat memberikan informasi yang sesuai dengan tujuan penelitian yang dilakukan melalui wawancara, observasi, dokumentasi dan life History method. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, konstruksi jilbab di kalangan mahasiswi UAD menunjukan 3 makna yaitu (1)Jilbab sebagai Syariat dan Kesadaran diri (2) Jilbab Sebagai Budaya (3) Jilbab sebagai identitas. Yang kedua adalah dampak jilbab muslimah fashionable sebagai gaya hidup yaitu (1) Lahirnya buku hijab style (2) Lahirnya komunitas Hijabers (3)Festival hijab kampus (4) Media massa sebagai pembentuk ekspresi beragama (5) Menjamurnya butik hijab di Yogyakarta. Yang ketiga adalah peran muslimah fashionable sebagai upaya pendidikan Islam (1)Menjalankan perintah agama dalam menuntut aurat (2)Media massa dan pasar sebagai jalur dakwah.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr.Fathorrahman, S.Ag.,M.si
Uncontrolled Keywords: Jilbab, Gaya Hidup, Mahasiswi, Pendidikan Islam
Subjects: Pendidikan Islam (Pesantren)
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Islam
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 22 Nov 2016 15:50
Last Modified: 22 Nov 2016 15:50
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/22656

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum