EFEKTIVITAS BIMBINGAN DAN KONSELING IMPACT BERBASIS ISLAM UNTUK MENINGKATKAN RESILIENSI SISWA MA AL MA’HAD AN NUR BANTUL

SUMIYATI, SPD, NIM. 1420410104 (2016) EFEKTIVITAS BIMBINGAN DAN KONSELING IMPACT BERBASIS ISLAM UNTUK MENINGKATKAN RESILIENSI SISWA MA AL MA’HAD AN NUR BANTUL. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (EFEKTIVITAS BIMBINGAN DAN KONSELING IMPACT BERBASIS ISLAM UNTUK MENINGKATKAN RESILIENSI SISWA MA AL MA’HAD AN NUR BANTUL)
1420410104_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (4MB) | Preview
[img] Text (EFEKTIVITAS BIMBINGAN DAN KONSELING IMPACT BERBASIS ISLAM UNTUK MENINGKATKAN RESILIENSI SISWA MA AL MA’HAD AN NUR BANTUL)
1420410104_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Sumiyati, S.Pd : Efektivitas Bimbingan dan Konseling Impact berbasis Islam untuk Meningkatkan Resiliensi Siswa MA Al Ma’had An Nur Bantul. Tesis. Yogyakarta : Program Pascasarjana Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga, 2016. Penelitian ini bertujuan untuk menguji efektivitas bimbingan dan konseling impact berbasis Islam untuk meningkatkan resiliensi siswa MA Al Ma‟had An Nur Bantul Yogyakarta. Penelitian ini didasari oleh minimnya pendekatan layanan bimbingan dan konseling dalam membantu siswa meningkatkan kemampuan menyesuaikan diri di madrasah dan pesantren terutama pada aspek resiliensinya. Metode penelitian quasi eksperimen dilakukan dengan menggunakan rancangan pre-test and post-test non equivalent group design melibatkan dua kelompok siswa dari dua kelas. Subjek penelitian ditentukan dengan teknik cluster random sampling sebanyak 64 siswa dari populasi sejumlah 485 siswa. Pengukuran resiliensi dilakukan dengan menggunakan skala resiliensi yang diadopsi dari Cannor Davidson Resilience Scale (CD-RISC) yang dikembangkan oleh Cannor & Davidson. Data dianalisis menggunakan statistika parametrik uji beda paired sample test dan independent sample test yang dihitung dengan bantuan program SPSS 18.0 for windows. Hasil analisis independent sample test menunjukkan nilai sig.0,003 0,05 artinya terdapat perbedaan skor post-test resiliensi siswa antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa bimbingan dan konseling impact berbasis Islam efektif digunakan untuk meningkatkan resiliensi siswa. Dengan demikian bimbingan dan konseling impact berbasis Islam dapat dipertimbangkan sebagai alternatif pendekatan untuk meningkatkan resiliensi siswa madrasah yang tinggal di pondok pesantren.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr. Hj. Imas Kania Rahman M.Pd.I,
Uncontrolled Keywords: Bimbingan dan Konseling Impact, Berbasis Islam, Resiliensi
Subjects: Pendidikan Islam (Pesantren)
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Islam
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 22 Nov 2016 15:53
Last Modified: 22 Nov 2016 15:53
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/22658

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum