MANAJEMEN KEPALA TK DI BIDANG SDM GURU DALAM PENINGKATAN MUTU PENDIDIKAN (STUDI KASUS DI TAMAN KANAK-KANAK PKK PUNDONG TIRTOADI MLATI SLEMAN)

Nurjati Wening Prisati, NIM: 1420431017 (2016) MANAJEMEN KEPALA TK DI BIDANG SDM GURU DALAM PENINGKATAN MUTU PENDIDIKAN (STUDI KASUS DI TAMAN KANAK-KANAK PKK PUNDONG TIRTOADI MLATI SLEMAN). Masters thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img] Text (MANAJEMEN KEPALA TK DI BIDANG SDM GURU DALAM PENINGKATAN MUTU PENDIDIKAN (STUDI KASUS DI TAMAN KANAK-KANAK PKK PUNDONG TIRTOADI MLATI SLEMAN))
1420431017_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB)
[img] Text (MANAJEMEN KEPALA TK DI BIDANG SDM GURU DALAM PENINGKATAN MUTU PENDIDIKAN (STUDI KASUS DI TAMAN KANAK-KANAK PKK PUNDONG TIRTOADI MLATI SLEMAN))
1420431017_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui profil manajemen kelapa di TK PKK Pundong Mlati Sleman dan memberikan rekomendasi formula Manajemen Kepala TK dibidang Sumber Daya Manusia dalam Peningkatan mutu pendidikan Taman Kanak-Kanak PKK Pundong Mlati Sleman. Metode Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif, teknik analisis data menggunakan reduksi data, dengan metode pengambilan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Data yang didapat disajikan dengan bentuk kualitatif dan kemudian dilakukan penarikan kesimpulan serta pengecekan keabsahan data, perpanjangan pengamatan dan ketekunan / keajegan pengamatan. Hasil penelitian ini adalah bahwa TK PKK Pundong Mlati memiliki tujuan membantu meletakkan dasar kearah perkembangan sikap, pengetahuan, keterampilan dan daya cipta yang diperlukan oleh anak didik dalam menyesuaikan diri dengan lingkungan. Keberadaanya dijadikan sebagai wadah dan kepercayaan oleh masyarakat setempat untuk mendidik anak bangsa agar anak-anak tersebut dapat berkembang sesuai dengan tujuan pendidikan yang ingin dicapai oleh TK PKK Pundong Mlati Sleman. Namun, manajemen yang dimiliki oleh TK ini kurang begitu baik dalam bidang SDM Guru. Hal tersebut menyebabkan kurangnya kepercayaan masyarakat terhadap pendidikan yang diselenggarakan di TK PKK Pundong. Disamping itu, banyak juga program kerja yang direncanakan yang tidak dapat diimplementasikan seperti yang diharapkan. Sehingga perlu dilakukan upaya memanajemen TK tersebut dengan baik agar tercapai tujuan yang hendak di capai. Sedangkan upaya yang dilakukan oleh TK PKK Pundong Mlati Sleman dalam mempertahankan dan terus meningkatkan Mutu pendidikan yang diberikan. Upaya strategi yang dilakukan terbagi menjadi 3 jenis, yaitu strategi dalam bidang sumber daya manusia, strategi dalam bidang manajemen dan strategi dalam bidang sarana dan prasarana. Manajemen kepala sekolah memaksimalkan sumber daya manusia melalui pelatihan dan pendidikan bagi para guru menghasilkan kemampuan dan menambah pengetahuan dalam memberikan pengajaran kepada anak didik sesuai dengan standar yang telah ditetapkan. Diharapkan kepala sekolah adalah PNS dan bukannya honorer sehingga mutu pendidikan juga dapat naik secara signifikan. Mutu pendidikan sudah baik terbukti beberapa kali menang dalam lomba yang diselenggarakan diantaranya lomba matematika, drumband dan mewarnai serta lulusan TK ini diterima di SD favorit. Kata Kunci:

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr. Istiningsih
Uncontrolled Keywords: Manajemen, SDM Guru, Mutu Pendidikan
Subjects: Pendidikan Islam (Pesantren)
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Guru RA - PAUD
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 02 Dec 2016 08:17
Last Modified: 02 Dec 2016 08:17
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/22671

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum