PERUBAHAN SOSIAL MASYARAKAT SASAK SADE DITENGAH MODERNISASI (STUDI DI KOMUNITAS SUKU SASAK DUSUN SADE DESA REMBITAN, KECAMATAN PUJUT, KABUPATEN LOMBOK TENGAH, PROVINSI NUSA TENGGARA BARAT)

MUHAMAD FAHRURRASID HILMI, NIM. 10540013 (2016) PERUBAHAN SOSIAL MASYARAKAT SASAK SADE DITENGAH MODERNISASI (STUDI DI KOMUNITAS SUKU SASAK DUSUN SADE DESA REMBITAN, KECAMATAN PUJUT, KABUPATEN LOMBOK TENGAH, PROVINSI NUSA TENGGARA BARAT). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PERUBAHAN SOSIAL MASYARAKAT SASAK SADE DITENGAH MODERNISASI (STUDI DI KOMUNITAS SUKU SASAK DUSUN SADE DESA REMBITAN, KECAMATAN PUJUT, KABUPATEN LOMBOK TENGAH, PROVINSI NUSA TENGGARA BARAT))
10540013_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text (PERUBAHAN SOSIAL MASYARAKAT SASAK SADE DITENGAH MODERNISASI (STUDI DI KOMUNITAS SUKU SASAK DUSUN SADE DESA REMBITAN, KECAMATAN PUJUT, KABUPATEN LOMBOK TENGAH, PROVINSI NUSA TENGGARA BARAT))
10540013_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Perubahan Sosial Masyarakat Sasak Sade Ditengah Modernisasi merupakan sebuah fenomena sosial yang menarik perhatian penulis untuk melakukan pengkajian lebih mendalam terhadap perubahan sosial di masyarakat Sasak Sade. Perubahan sosial dalam masyarakat Sasak Sade sudah terjadi sejak masuknya ajaran Islam Waktu Lima di Dusun Sade Desa Rembian. Disitulah batu pertama perubahan Sosial Masyarakat Sasak Sade di Tengah Modernisasi. Hal ini kemudian berimplikasi terhadap berubah dan pudarnya pola keyakinan tradisional asli Sasak yakni Islam Wetu Telu yang notabene telah menjadi word view masyarakat Sasak Lombok secara umum. Proses perubahan yang terjadi merupakan akibat dari modernisasi Islam yang masuk dalam masyarakat Sasak Sade. Terlebih sekarang sudah banyak model modernitas lain juga memiliki perpengaruh yang besar. Metode penelitian kualititatif menjadi pijakan dasar dalam penelitian ini dengan mendeskripsikan fenomena perubahan sosial di Komunitas Sasak Sade berdasarkan pada sumber data yang diperoleh dari Kepala Adat, warga Dusun Sade dan Pemerhati Adat. Data primer diperoleh dari wawancara mendalam, dan data sekunder diperleh dari berbagai literatur atau dokumentasi. Selanjutya, data tersebut dianalisa melalui tahapan reduksi, pemaparan dan verifikasi data, untuk selanjutnya dipaparkan hasilnya. Perubahan sosial dalam masyarakat Sasak Sade dapat dlihat sebagai sebuah perubahan dalam pola hubungan yang adaptif antara tradisi dan modernisasi yang masuk dan terjadi di masyarakat Sasak Sade. Proses yang adaptif tersebut tidak semerta-merta menjadikan Sasak Sade menjadi sinkretik, melainkan modernisasi dalam perubahan sosial di masayarakat Sasak Sade di jadikan instrument penting bagi perkembangan tradisi dalam Komunitas Adat Sasak Sade yang dewasa ini telah di nobatkan sebagai Desa Wisata. Ruang dan waktu, agen dan struktur terpola secara sistemik dalam satu kolektiva sosial. Hubungan dari agen perubahan inilah yang mendasari terjadinya perubahan di masyarakat Sasak Sade. Modernisasi sebagai pendorong perubahan sosial di Sade sebetulnya tidaklah mengubah kondisi masyarakat Sade secara total. Masyarakat Sasak Sade bersikap selektif terhadap proyek modernisasi yang masuk kepadanya, bahkan modernisasi di jadikan sebagai instrument pendukung dalam meningkatkan eksistensi masayarakat Sasak Sade yang masih tradisionalis. Produk modernitas seperti handhone, listrik, alat-alat pertanian modern dan alat-alat dapur pun mereka sudah gunakan. Namun demikian, sistem keyakinan dan sistem kekeluargaan tetap terpola secara mekanis. Otoritas elit tradisional masih memainkan peran sentral di Komunitas Sasak Sade sampai hari ini.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Masroer S.Ag., M.Si
Uncontrolled Keywords: Perubahan Soial, Masyarakat Sasak, Modernisasi
Subjects: Sosiologi Agama
Divisions: Fakultas Ushuludin dan Pemikiran Islam > Sosiologi Agama (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 24 Nov 2016 08:12
Last Modified: 24 Nov 2016 08:12
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/22672

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum