STRATEGI PENINGKATAN KUALITAS PENDIDIKAN MADRASAH (Studi Analisis Peningkatan Mutu Pendidikan di MI Sultan Agung Berbasis Manajemen Madrasah)

M. Maskur, NIM. 1320420010 (2016) STRATEGI PENINGKATAN KUALITAS PENDIDIKAN MADRASAH (Studi Analisis Peningkatan Mutu Pendidikan di MI Sultan Agung Berbasis Manajemen Madrasah). Masters thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (STRATEGI PENINGKATAN KUALITAS PENDIDIKAN MADRASAH (Studi Analisis Peningkatan Mutu Pendidikan di MI Sultan Agung Berbasis Manajemen Madrasah))
1320420010_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (STRATEGI PENINGKATAN KUALITAS PENDIDIKAN MADRASAH (Studi Analisis Peningkatan Mutu Pendidikan di MI Sultan Agung Berbasis Manajemen Madrasah))
1320420010_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Setiap lembaga pendidikan memiliki tujuan dalam menjalankan tugasnya, mampu mendiskripsikan dan memahami manajemen berbasis madrasah dapat mempengaruhi kualitas pendidikannya, sekaligus untuk mengetahui strategi dan program-program unggulan atas kualitas pendidikan di madrasah. Beberapa madrasah ibtidaiyah membutuhkan strategi dan program untuk meningkatkan kualitas layanan pendidikan mereka sebagai ciri khas pada madrasah. Kepercayaan masyarakat terhadap madrasah kini mengalami peningkatan. Maka, madrasah ibtidaiyah sebagai lembaga pendidikan dasar, membuat program yang salah satu hasilnya mengarah pada peningkatan kemampuan dan penguatan kepribadian peserta didik. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan pendekatan naturalistik. Sumber data peroleh dari hasil wawancara dengan kepala madrasah, komite madrasah, guru, wali siswa diperkuat dengan dokumen yang relevan guna menghasilkan data yang lebih valid dan mengetahui program unggulan. Hasil analisis menunjukkan, implementasi manajemen berbasis madrasah (MBM) di MI Sultan Agung telah memiliki dasar manajemen yang kuat sehingga mempengaruhi team work di madrasah. MI Sultan Agung sebagai madrasah swasta memiliki kualitas tinggi, salah satunya hasilnya pada akreditasi tahun 2011 dengan nilai A (92), nilai tersebut didukung dengan program-program unggulan yang berkelanjutan. Pemahaman visi dan misi menjadi penting untuk tetap selalu konsisten dalam mewujudkan manajemen yang kuat sebagai salah satu cara untuk melaksanakan program madrasah. Beberapa faktor penghambat program madrasah, komunikasi, pendampingan, leadership yang kuat. Penelitian ini bisa menjadi referensi bagi madrasah lain dalam menyusun program pendidikan madrasah untuk menunjukkan ciri khasnya, dalam pengadopsiannya juga perlu memperhatikan budaya yang terbangun di masing-masing madrasah agar persoalan dapat segera teratasi dengan baik, namun tidak menutup kemungkinan juga mengadopsi cara MI Sultan Agung untuk menyelesaikan persoalan sesuai dengan kondisi yang ada. Kata kunci: manajemen madrasah dan strategi peningkatan mutu pendidikan.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Prof. Dr. H. Sutrisno, M. Ag
Uncontrolled Keywords: manajemen madrasah dan strategi peningkatan mutu pendidikan.
Subjects: Pendidikan Islam (Pesantren)
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Guru MI
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 15 Dec 2016 08:16
Last Modified: 15 Dec 2016 08:16
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/22681

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum