KONFLIK KEPEMILIKAN TANAH DI MASYARAKAT KAJUJILA DESA SANALAOK (STUDI KASUS DI DUSUN KAJUJILA DESA SANALAOK WARU PAMEKASAN MADURA)

ACHMAD RIFA’I, NIM. 11720022 (2016) KONFLIK KEPEMILIKAN TANAH DI MASYARAKAT KAJUJILA DESA SANALAOK (STUDI KASUS DI DUSUN KAJUJILA DESA SANALAOK WARU PAMEKASAN MADURA). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (KONFLIK KEPEMILIKAN TANAH DI MASYARAKAT KAJUJILA DESA SANALAOK (STUDI KASUS DI DUSUN KAJUJILA DESA SANALAOK WARU PAMEKASAN MADURA))
11720022_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (KONFLIK KEPEMILIKAN TANAH DI MASYARAKAT KAJUJILA DESA SANALAOK (STUDI KASUS DI DUSUN KAJUJILA DESA SANALAOK WARU PAMEKASAN MADURA))
11720022_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (1MB)

Abstract

Konflik dalam masyarakat merupakan suatu hal yang tidak bisa dipisahkan , di mana ada masyarakat disitu terdapat konflik. Konflik akan menjadi negatif apabila menggoncang sinergitas sistem sosial seperti kekerasan dan perkelahian. Konflik perebutan tanah sering berakhir dengan kekerasan dan perkelahian, karena tanah merupakan suatu yang sangat bernilai dalam kehidupan masyarakat. Kondisi semacam itu bisa terjadi pada masyarakat Dusun Kajujila Desa Sanalaok, sebab sampai sekarang konflik kepemilikan tanah masih sering terjadi di Masyarakat Dusun Kajujila. Berdasarkan latar belakang di atas, penulis melakukan penelitian untuk mengungkap masalah konflik kepemilikan tanah di Dusun Kajujila Desa Sanalaok. Pada penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses terjadinya konflik perebutan hak milik tanah, kronologi, dan bentuk-bentuk konflik masyarakat Dusun Kajujila Desa Sanalaok Waru Pamekasan Madura. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori konflik Randall Collins. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan deskriptif analitis. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan Observasi, Wawancara, dan Dokumentasi yang kemudian dilakukan analisis data untuk memecahkan masalah penelitian. Hasil dari penelitian menunjukkan: pertama, konflik kepemilikan tanah tetap terjadi pada masyarakat Dusun Kajujila karena beberapa hal yaitu: karena terbatasnya lahan masyarakat, karena ketidak tegasan dalam mewariskan, karena tidak adanya sertifikat tanah, karena tanah sebagai harga diri masyarakat. Kedua, konflik kepemilikan tanah yang terjadi di Dusun Kajujila di bagi menjadi dua bagian yaitu konflik utama dan konflik tambahan. Konflik utama adalah konflik yang terjadi antara keluarga S dengan keluarga F, sedangkan yang termasuk konflik tambahan adalah konflik yang melibatkan keluarga AR dengan keluarga H. Bentuk konflik yang terjadi ada yang bersifat manifest dan ada yang bersifat laten. Adapun jenis konflik yang tertjadi merupakan jenis konflik horizintal yaitu konflik yang melibatkan antar masyarakat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Dr. Sulistyaningsih, S.Sos., M.Si,
Uncontrolled Keywords: Konflik, Kepemilikan Tanah.
Subjects: Sosiologi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora > Sosiologi (S1)
Depositing User / Editor: H. Zaenal Arifin, S.Sos.I., S.IPI.
Date Deposited: 24 Nov 2016 04:16
Last Modified: 24 Nov 2016 04:16
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/22689

Actions (login required)

View Item View Item