DILEMA AKTIFIS MAHASISWA ATAS PERKULIAHAN (STUDI AKTIFIS MAHASISWA FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN HUMANIORA UIN SUKA)

DANI ANDRISMORO, NIM. 12720008 (2016) DILEMA AKTIFIS MAHASISWA ATAS PERKULIAHAN (STUDI AKTIFIS MAHASISWA FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN HUMANIORA UIN SUKA). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (DILEMA AKTIFIS MAHASISWA ATAS PERKULIAHAN (STUDI AKTIFIS MAHASISWA FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN HUMANIORA UIN SUKA))
12720008_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (DILEMA AKTIFIS MAHASISWA ATAS PERKULIAHAN (STUDI AKTIFIS MAHASISWA FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN HUMANIORA UIN SUKA))
12720008_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (789kB)

Abstract

Lembaga pendidikan merupakan tempat untuk mengembangkan kemampuan dan potensi. Mahasiswa yang sedang belajar di lembaga pendidikan, layaknya mereka mengikuti seluruh proses pendidikan yang berlangsung. Sebagai aktifis mahasiswa, dirinya merupakan bagian dari organisasi dan berperan aktif pada struktur jabatan kerja di organisasi. Mahasiswa mengalami dilema anatra mengikuti proses perkuliahan dan kegiatan di organisasi untuk mengembangkan potensi dan kemampuan dirinya. Penelitian dilakukan guna menemukan mengapa muncul dilema antara perkuliahan dan organisasi pada aktifis mahasiswa dan bagaimana strategi mahasiswa dalam menghadapi dilema antara perkuliahan dan kegiatan di organisasi. Penelitian ini menggunakan teori pilihan rasional Jhon Scott. Teori pilihan rasional mengasumsikan dasar dari kehidupan sosial ditinjau dari tindakan individu manusia dalam kelompok sosial. Hasil dari hubungan individu dengan kelompok sosial menghasilkan sebuah keuntungan bagi individu. Metode penelitian dengan pendekatan kualitatif. pengumpulan data, dalam penelitian ini menggunakan observasi, dan wawancara. Data yang telah terkumpul kemudian dilakukan reduksi display, dan dilakukan sebuah penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa, dilema terjadi karena aktifis mahasiswa menilai pendidikan yang diberikan oleh lembaga pendidikan kurang mampu memenuhi kebutuhan pendidikan untuk para aktifis mahasiswa. Pendidikan bagi aktifis mahasiswa mencakup seluruh sisi kehidupan mahasiswa bukan hanya pada sisi akademis. Melalui berbagai kegiatan dan aktifitas di organisasi seperti kegiatan pelatihan dan aktifitas ektra organisasi aktifis mahasiswa mendapatkan penghargaan, pengakuan, dan aktualisasi diri. Pengembangan potensi dan kemampuan mahasiswa dilakukan di lembaga pendidikan dan organisasi oleh karena itu aktifis mahasiswa tetap aktif pada keduanya. Strategi aktifis mahasiswa dalam menghadapi dilema dengan memprioritaskan salah satu aktifitas antara perkuliahan dan organisasi bergantung dari besaran manfaat yang diperoleh.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Mahasiswa, Perkuliahan, Organisasi.
Uncontrolled Keywords: Mahasiswa, Perkuliahan, Organisasi.
Subjects: Sosiologi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora > Sosiologi (S1)
Depositing User / Editor: H. Zaenal Arifin, S.Sos.I., S.IPI.
Date Deposited: 24 Nov 2016 04:39
Last Modified: 24 Nov 2016 04:39
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/22691

Actions (login required)

View Item View Item