PENDIDIKAN NILAI KARAKTER SISWA DALAM KEGIATAN EKSTRAKURIKULER DI MI SUNAN PANDAN ARAN (MISPA) CANDI, SARDONOHARJO, NGAGLIK, SLEMAN YOGYAKARTA

MACHSUSOH, NIM: 1420420007 (2016) PENDIDIKAN NILAI KARAKTER SISWA DALAM KEGIATAN EKSTRAKURIKULER DI MI SUNAN PANDAN ARAN (MISPA) CANDI, SARDONOHARJO, NGAGLIK, SLEMAN YOGYAKARTA. Masters thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (PENDIDIKAN NILAI KARAKTER SISWA DALAM KEGIATAN EKSTRAKURIKULER DI MI SUNAN PANDAN ARAN (MISPA) CANDI, SARDONOHARJO, NGAGLIK, SLEMAN YOGYAKARTA)
1420420007_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (8MB) | Preview
[img] Text (PENDIDIKAN NILAI KARAKTER SISWA DALAM KEGIATAN EKSTRAKURIKULER DI MI SUNAN PANDAN ARAN (MISPA) CANDI, SARDONOHARJO, NGAGLIK, SLEMAN YOGYAKARTA)
1420420007_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah pendidikan karakter sudah jauh-jauh hari digaungkan dalam sistem pendidikan di MISPA. MISPA merupakan madrasah pembangunan karakter baik dalam kegiatan intrakurikuler maupun dalam kegiatan ekstrakurikulernya, kegiatan ekstrakurikurikuler MISPA eksistensinya tampak terlihat jelas setelah beberapa kali mengantongi kejuaraan tingkat kecamatan, kabupaten maupun provinsi. Serta dengan melalui kegiatan ekstrakurikuler tampak jelas penanaman pendidikan karakter dan akan dipraktekkan dalam kehidupan sehari-hari. Berdasarkan hasil dari obeservasi awal dilapangan menunjukkan bahwa implementasi nilai-nilai karakter dalam ekstrakurikuler di MISPA perlu ditekankan lagi baik dari kalangan pelatih maupun siswanya, harus ada timbal balik dari keduanya tersebut. Permasalah yang ada di MISPA adalah: minimnya persediaan sarana dan prasarana seperti kurangnya peralatan yang mengacu berhasilnya ekstrakurikuler yang ada di MISPA, serta kurangnya mendatangkan pelatih dari luar yang lebih ahli dalam pengembangan dalam bidang ekstrakurikuler, Berangkat dari hal tersebut maka peneliti tertarik untuk mendalami dan meneliti tentang nilai-nilai karakter dalam ekstrakurikuker di MISPA. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan yang disajikan secara kualitatif, dengan menganalisis buku-buku atau teks yang berkaitan dengan pendidikan karakter. Tujuan penelitian ini adalah menjelaskan pendidikan nilai karakter siswa dilaksanakan di MISPA, Menyebutkan nilai karakter siswa yang ditanamkan dalam kegiatan ekstrakurikuler di MISPA, menjelaskan penerapan pendidikan nilai karakter siswa dalam kegiatan ekstrakurikuler di MISPA. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dokumentasi, sedangkan teknis analisis data dilakukan dengan pengumpulan data dan diteliti. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) pendidikan karakter dalam MISPA mengacu pada Visi, Misi dan Tujuan Madrasah, pendidikan nilai karakter bukan saja dilaksanakan pada proses belajar mengajar, akan tetapi dalam kegiatan ekstrakurikuler juga penting, seperti dalam kegiatan karate dan kegiatan pramuka, 2) nilai-nilai karakter yang terdapat dalam kegiatan karate ialah : religius, tanggung jawab, percaya diri, mandiri, dan sportifitas, dan nilai-nilai karakter yang terdapat dalam kegiatan pramuka ialah taqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, cinta alam dan kasih sayang sesama manusia, rela menolong dan tabah, rajin terampil dan gembira, disiplin berani dan setia, bertanggung jawab dan dapat dipercaya, 3) implementasi dari nilai-nilai karakter diatas dapat diterapkan disetiap kegiatan karate dan pramuka tersebut. Kata kunci: pendidikan karakter dalam kegiatan ekstrakurikuler karate dan pramuka.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr. H. Maksudin. M.Ag.
Uncontrolled Keywords: pendidikan karakter dalam kegiatan ekstrakurikuler karate dan pramuka.
Subjects: Pendidikan Islam (Pesantren)
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Guru MI
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 05 Dec 2016 09:59
Last Modified: 05 Dec 2016 09:59
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/22693

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum