PERAN KEPEMIMPINAN TRANSFORMATIF KEPALA SEKOLAH DALAM PENINGKATAN MUTU KINERJA GURU DAN TENAGA KEPENDIDIKAN DI SD MUHAMMADIYAH SURONATAN YOGYAKARTA

Lubna Taqiyah, NIM : 1420420015 (2016) PERAN KEPEMIMPINAN TRANSFORMATIF KEPALA SEKOLAH DALAM PENINGKATAN MUTU KINERJA GURU DAN TENAGA KEPENDIDIKAN DI SD MUHAMMADIYAH SURONATAN YOGYAKARTA. Masters thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (PERAN KEPEMIMPINAN TRANSFORMATIF KEPALA SEKOLAH DALAM PENINGKATAN MUTU KINERJA GURU DAN TENAGA KEPENDIDIKAN DI SD MUHAMMADIYAH SURONATAN YOGYAKARTA)
1420420015_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (PERAN KEPEMIMPINAN TRANSFORMATIF KEPALA SEKOLAH DALAM PENINGKATAN MUTU KINERJA GURU DAN TENAGA KEPENDIDIKAN DI SD MUHAMMADIYAH SURONATAN YOGYAKARTA)
1420420015_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Untuk mewujudkan tercapainya kualitas pendidikan yang bermutu tinggi hampir di setiap negara melakukan berbagai upaya, salah satunya dengan membentuk/mendirikan lembaga pendidikan yaitu sekolah. Untuk dapat melaksanakan hal tersebut diperlukan kepemimpinan kepala sekolah yang baik. Kepemimpinan merupakan masalah yang penting bagi suatu kelompok atau suatu organisasi kelembagaan. Kepala Sekolah apabila mampu menjadi pemimpin profesional maka akan mampu melakukan aneka bentuk transformasi potensi menjadi realitas. Kemampuan melakukan bentuk transformasi hanya dimiliki oleh para pemimpin yang mampu mengaplikasikan gaya kepemimpinan transformatif, disamping memiliki derajat intelektual dan emosional yang tinggi. Dengan kemampuan pemimpin yang baik dalam mengelola sekolah, terciptalah guru yang memiliki kemampuan dan kreativitas sehingga dapat menghasilkan produktivitas kerja yang baik pula. Diantara sekolah – sekolah yang telah menjalankan kepemimpinan transformatif, Kepala SD Muhammadiyah Suronatan Yogyakarta merupakan salah satunya. Berdasarkan kajiannya, penelitian ini adalah termasuk jenis penelitian lapangan (field research), dengan menggunakan metode penelitian kualitatif. Teknik yang digunakan dalam penelitian ini bersifat induktif. Adapun prosesnya dilakukan bersamaan dengan pengumpulan data melalui beberapa tahapan. Model seperti ini dikenal dengan Analysis Interactive Model, yang terdiri dari proses pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan kemudian diakhiri dengan verifikasi atau penarikan kesimpulan. Penentuan subyek penelitian mengunakan teknik purposive sampling. Dalam proses pengumpulan data peneliti menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: Pertama, Kepala sekolah telah menjalankan peran kepemimpinan transformatif yang menunjang terhadap pencapaian peningkatan mutu. Dan peran kepemimpinan transformatif yang paling menonjol yang ditunjukkan oleh Kepala SD Muhammadiyah Suronatan Yogyakarta adalah pengaruh yang diidealkan (idealized influence). Kedua, Kinerja Guru dan Tenaga Kependidikan di SD Muhammadiyah Suronatan Yogyakarta telah mencapai prosentase nilai 90 secara keseluruhan dan dikategorikan baik. Kendati sudah baik, untuk mencapai kinerja yang maksimal guru harus selalu berusaha meningkatkan danmempertahankan seluruh kompentensi pedagogik, kompetensi kepribadian, kompetensi sosial, dan kompetensi profesionalnya agar tidak menurun. Kata kunci: Kepemimpinan Transformatif, Mutu Kinerja

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr. H. Tasman Hamami
Uncontrolled Keywords: Kepemimpinan Transformatif, Mutu Kinerja
Subjects: Pendidikan Islam (Pesantren)
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Guru MI
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 13 Dec 2016 08:14
Last Modified: 13 Dec 2016 08:14
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/22695

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum