PENANAMAN NILAI KARAKTER KEAGAMAAN SISWA PADA PEMBELAJARAN AKIDAH AKHLAK KELAS V DI MI SULTAN AGUNG YOGYAKARTA

Rosanita Dewi Harahap, NIM. 1420420016 (2016) PENANAMAN NILAI KARAKTER KEAGAMAAN SISWA PADA PEMBELAJARAN AKIDAH AKHLAK KELAS V DI MI SULTAN AGUNG YOGYAKARTA. Masters thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (PENANAMAN NILAI KARAKTER KEAGAMAAN SISWA PADA PEMBELAJARAN AKIDAH AKHLAK KELAS V DI MI SULTAN AGUNG YOGYAKARTA)
1420420016_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (9MB) | Preview
[img] Text (PENANAMAN NILAI KARAKTER KEAGAMAAN SISWA PADA PEMBELAJARAN AKIDAH AKHLAK KELAS V DI MI SULTAN AGUNG YOGYAKARTA)
1420420016_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini bahwa dalam dunia pendidikan saat ini dianggap masih dalam tahap rendah. Hal ini dilihat dari berbagai permasalahan yang menyangkut berbagai kasus yang tidak sejalan dengan etika, moralitas dan sopan santun, ataupun perilaku yang menunjukkan rendahnya karakter, hal ini membuktikan bahwa pendidikan dan penanaman nilai-nilai agama kurang berhasil membentuk watak (karakter) yang terpuji, untuk itu pendidikan serta pembelajaran saat ini tidak hanya terfokus pada pengembangan kognisi saja, tetapi juga dibarengi dengan pengembangan potensi dan kreativitas. Akidah akhlak mempunyai peranan sebagai penanaman nilai-nilai karakter siswa. Jika siswa tidak diajarkan akidah akhlak sejak dini ditakutkan kelak dewasa akan menjadi orang yang tidak berkarakter. Hal tersebut direspon oleh MI Sultan Agung Yogyakarta. Tujuan dalam penelitian ini untuk mendeskripsikan bagaimana pembelajaran akidah akhlak kelas V di MI Sultan Agung Yogyakarta, dan untuk mengetahui bagaimana cara guru menanamkan nilai karakter keagamaan pada pembelajaran akidah akhlak, serta nilai karakter keagamaan apa saja yang ditanamkan oleh siswa kelas V di MI Sultan Agung Yogyakarta. Penelitian ini termasuk penelitian lapangan (field research) yang bersifat deskriptif kualitatif, yang mengambil latar di MI Sultan Agung Yogyakarta, teknik pengumpulan data yang dilakukan yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Pendekatan penelitian menggunakan pendekatan fenomenologi. Analisis data dilakukan dengan metode analisis kualitatif yag terdiri dari tiga langkah yaitu reduksi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan dan verifikasi. Hasil analisis data menunjukkan bahwa pembelajaran akidah akhlak kelas V di MI Sultan Agung Yogyakarta memuat nilai keagamaan dari 2 aspek yaitu aspek akidah yang menekankan pada kemampuan memahami dan mempertahankan keyakinan/keimanan, sedangkan aspek akhlak yakni nilai yang berhubungan dengan perilaku atau tingkah laku yang menekankan pada pembiasaan untuk melaksanakan akhlak terpuji dan menjauhi akhlak tercela, yang harus diteladani dan harus dijauhi oleh anak, pembelajaran akidah akhlak bersifat aplikatif, sehingga dengan adanya pembelajaran akidah akhlak dapat membiasakan diri untuk dapat menerapkan sikap yang telah ditanamkan di madrasah. Cara guru akidah akhlak menanamkan nilai karakter keagamaan kelas V di MI Sultan Agung Yogyakarta dengan menerapkan berbagai metode yaitu metode keteladanan, metode adat kebiasaan, metode nasihat, metode memberi perhatian, serta metode hukuman. Sedangkan nilai yang ditanamkan oleh siswa terbagi dalam 2 nilai yaitu nilai ilahiyah meliputi iman dan islam, taqwa, ikhlas, tawakkal, syukur. Nilai insaniyah meliputi nilai kejujuran, nilai kedisiplinan, cinta damai, nilai tanggung jawab, nilai toleransi dan nilai cinta tanah air. Kata Kunci : Penanaman nilai, karakter keagamaan, pembelajaran akidah akhlak.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr. H. Maksudin, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Penanaman nilai, karakter keagamaan, pembelajaran akidah akhlak.
Subjects: Pendidikan Islam (Pesantren)
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Guru MI
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 02 Dec 2016 08:16
Last Modified: 02 Dec 2016 08:16
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/22697

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum