PENGARUH PENDEKATAN MINDFUL LEARNING DAN KECERDASAN EMOSIONAL TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA SD MUHAMMADIYAH SLEMAN

Tejawati, NIM: 1420421021 (2016) PENGARUH PENDEKATAN MINDFUL LEARNING DAN KECERDASAN EMOSIONAL TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA SD MUHAMMADIYAH SLEMAN. Masters thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (PENGARUH PENDEKATAN MINDFUL LEARNING DAN KECERDASAN EMOSIONAL TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA SD MUHAMMADIYAH SLEMAN)
1420421021_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH PENDEKATAN MINDFUL LEARNING DAN KECERDASAN EMOSIONAL TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA SD MUHAMMADIYAH SLEMAN)
1420421021_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Persoalan yang saat ini dianggap menyesatkan dunia pendidikan adalah bahwa untuk mempelajari suatu keterampilan, seseorang melatihnya hingga mampu untuk melakukannya tanpa berpikir. Kenyataan yang lain menunjukkan bahwa selama ini kebanyakan guru menggunakan model pembelajaran yang konvensional dengan pendekatan “teacher centered”, sehingga kegiatan belajar mengajar lebih banyak didominasi oleh guru. Untuk itu diperlukan suatu model atau pendekatan baru dalam pembelajaran. Salah satunya dengan pendekatan mindful learning (kesadaran dalam belajar) dan menyeimbangkannya dengan kecerdasan emosional untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar matematika siswa SD Muhammadiyah Sleman; seberapa besar pengaruh pendekatan mindful learning dan kecerdasan emosional terhadap hasil belajar matematika siswa SD Muhammadiyah Sleman. Pengumpulan data dilakukan dengan cara memberi seperangkat pertanyaan atau pernyataan tertulis kepada responden untuk dijawabnya dan pengumpulan dokumentasi data yang berhubungan dengan obyek yang sedang diteliti. Hasil penelitian menunjukkan : (1) Nilai minimal atau nilai terendah dalam setiap latihan Ujian Sekolah matematika di SD Muhammadiyah Sleman diperoleh untuk TKA yaitu 3.33, Try out Kecamatan I yaitu 3.17, sedangkan Try out Kabupaten I yaitu 3.17. Nilai rerata total dalam tiga kali latihan ujian mencapai nilai 7.36 dengan nilai maksimal 9.61 dan nilai minimal 3.22. Jika dibandingkan dengan KKL, nilai ini telah memenuhi kriteria kelulusan. (2) Hasil analisis regresi diperoleh persamaan Y = 86.269 + 0.923X1 + 0.584X2 yang artinya hasil belajar secara signifikan dipengaruhi oleh pendekatan mindful learning dengan thitung untuk variabel pendekatan mindful learning sebesar 2.139 sedangkan ttabel adalah 1.980, sehingga thitung > ttabel dengan nilai 2.139 > 1.980. (3) Kecerdasan emosional berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar dengan t hitung sebesar 3.856 sedangkan ttabel 1.980, sehingga thitung > ttabel dengan nilai 3.856 > 1.980. (4) Pendekatan mindful learning dan kecerdasan emosional secara bersama-sama berpengaruh terhadap hasil belajar. Hal ini terbukti berdasarkan hasil perhitungan yang diperoleh yaitu Fhitung sebesar 10.768 sedangkan Ftabel 3.09, sehingga Fhitung > Ftabel atau 10.768 > 3.09. Kata Kunci : pendekatan mindful learning, kecerdasan emosional, hasil belajar matematika

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr. H. Karwadi, M. Ag
Uncontrolled Keywords: pendekatan mindful learning, kecerdasan emosional, hasil belajar matematika
Subjects: Pendidikan Islam (Pesantren)
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Guru MI
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 06 Dec 2016 09:34
Last Modified: 06 Dec 2016 09:34
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/22707

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum