STRATEGI MARKETING JASA PENDIDIKAN DI SDIT SUNAN AVERROES SLEMAN DAN MI NURUL ULUM BANTUL T.A. 2015/2016 (Studi Komparasi Dalam Perspektif Challenge& Response)

Shulhan, NIM: 1420421027 (2016) STRATEGI MARKETING JASA PENDIDIKAN DI SDIT SUNAN AVERROES SLEMAN DAN MI NURUL ULUM BANTUL T.A. 2015/2016 (Studi Komparasi Dalam Perspektif Challenge& Response). Masters thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (STRATEGI MARKETING JASA PENDIDIKAN DI SDIT SUNAN AVERROES SLEMAN DAN MI NURUL ULUM BANTUL T.A. 2015/2016 (Studi Komparasi Dalam Perspektif Challenge& Response))
1420421027_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (7MB) | Preview
[img] Text (STRATEGI MARKETING JASA PENDIDIKAN DI SDIT SUNAN AVERROES SLEMAN DAN MI NURUL ULUM BANTUL T.A. 2015/2016 (Studi Komparasi Dalam Perspektif Challenge& Response))
1420421027_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Persaingan antar pengelolaan lembaga pendidikan semakin hari semakin ketat dan menuntut mereka untuk melakukan marketing jasa pendidikan dengan strategi yang jitu. Hal itu perlu dilakukan sebagai upaya untuk mempromosikan dan mempersuasikan program pelayanan pendidikan yang disediakan di sekolah atau madrasah untuk dapat menarik minat calon peserta didik. Pengelola pendidikan tidak cukup hanya mengembangkan program pelayanan yang berkualitas sesuai tuntutan zaman tetapi perlu juga mengembangkan taktik pemasarannya. Kegiatan marketing jasa pendidikan dikaji dari perspektif challenge dan response sangat menarik untuk diteliti. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui dan mendalami marketing jasa pendidikan di SDIT Sunan Averroes Sleman TA 2015/2016; untuk mengetahui dan mendalami marketing jasa pendidikan di MI Nurul Ulum Bantul T.A 2015/2016; dan untuk mengetahui perbedaan dan persamaan strategi marketing jasa pendidikan keduanya dalam perspektif challenge dan response. Penelitian ini merupakan studi lapangan yang berbentuk komparasi dari SDIT Sunan Averroes Sleman dan MI Nurul Ulum Bantul T.A. 2015/2016. Kedua lembaga pendidikan dipilih sebagai lokasi penelitian karena pihak MI mengintegrasika pembelajaran bahasa Arab dan bahasa Inggris dalam kegiatan pembelajaran inti, tahfidz dan asrama. Pihak SDIT menyelenggarakan pendidikan kurikulum nasional, pembelajaran esktra seperti menghafal Al-Qur’an, bimbingan pelaksanan ibadah dalam setiap, bimbingan intensif pendalaman materi UN setiap hari untuk semua kelas. Instrumen pengumpulan datanya adalah observasi, dokumentasi dan wawancara mendalam yang kemudian dianalisis menggunakan teknik analisis data kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dalam implementasi marketing tersebut terdapat beberapa persamaan dan pebedaan. Persamaan terletak pada tantangan yang dihadapi keduanya yaitu kondisi kelembagaan, sarana dan prasarana, lokasi dan trend masyarakat. Persamaan responnya adalah markeking pendidikan dan integrasi pendidikan. Perbedaannya terletak pada tantangan yang dihadapi mereka yaitu sikap masyarakat dan sumber daya internal lembaga. Respon yang mereka lakukan adalah model pendidikan, strategi marketing pendidikan, komunikasi marketing, promosi, diferensisasi jasa, dan biaya pendidikan Kata Kunci: Marketing, Pendidikan, Challenge, Response

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr. Na’imah, M.Hum.
Uncontrolled Keywords: Marketing, Pendidikan, Challenge, Response
Subjects: Pendidikan Islam (Pesantren)
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Guru MI
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 16 Dec 2016 08:05
Last Modified: 16 Dec 2016 08:05
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/22708

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum