KONSEP PENDIDIKAN PERDAMAIAN MUHAMMAD FETHULLAH GULEN DAN KONTRIBUSINYA BAGI MASYARAKAT INDONESIA (Studi Gulen Movement di Yogyakarta)

SITI KHODIJAH NURUL AULA, NIM: 1420510007 (2016) KONSEP PENDIDIKAN PERDAMAIAN MUHAMMAD FETHULLAH GULEN DAN KONTRIBUSINYA BAGI MASYARAKAT INDONESIA (Studi Gulen Movement di Yogyakarta). Masters thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (KONSEP PENDIDIKAN PERDAMAIAN MUHAMMAD FETHULLAH GULEN DAN KONTRIBUSINYA BAGI MASYARAKAT INDONESIA (Studi Gulen Movement di Yogyakarta))
1420510007_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (KONSEP PENDIDIKAN PERDAMAIAN MUHAMMAD FETHULLAH GULEN DAN KONTRIBUSINYA BAGI MASYARAKAT INDONESIA (Studi Gulen Movement di Yogyakarta))
1420510007_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

M. Fethullah Gulen menawarkan sebuah pendidikan perdamaian yang dimulai dari lingkungan pendidikan. Pendidikan dianggap mampu menumbuhkan nilai-nilai perdamaian secara berkesinambungan. Pendidikan juga merupakan salah satu bentuk common platform, sehingga mudah diterima dalam berbagai kondisi dan situasi. Gulen Movement merupakan gerakan yang mendukung berbagai pemikiran M. Fethullah Gulen, yang kemudian diwujudkan dalam sebuah konsep hizmet (layanan). Gulen Movement mempromosikan pengembangan pendidikan, dialog lintas-iman, dan pemerataan ekonomi, langkah tersebut dilakukan semata-mata untuk menciptakan perdamaian dunia. Penelitian ini mengunakan konsep pemikiran organik dalam perspektif Antonio Gramsci. Konsep pemikiran Gramsci dapat terlihat dalam kasus Sekolah Kesatuan Bangsa dalam hal kedudukan seorang intelektual dimanfaatkan atau difungsikan untuk menghegemoni masyarakat. Metode ini mengunakan pendekatan kritik wacana (critical discourse analysis). Pendekatan ini merupakan pendekatan interdisipliner terhadap teks, yang memandang teks sebagai gejala sosial. Penelitian ini juga akan mengkontektualisi pendidikan Gulen dengan salah satu aktifitas Gulen Movement dan kontibusinya bagi Indonesia. Setelah melakukan penelitain, penulis menghasilkan beberapa kesimpulan. Pertama, pemikiran M.Fethullah Gulen diapresiasi oleh gerakan Gulen Movement dengan mendirikan sebuah Sekolah Kesatuan Bangsa di Yogyakarta. Berbagai nilai-nilai pendidikan perdamaian perspektif Gulen juga diajarkan dengan proporsional, hal tersebut menjadi sebuah investasi bagi terciptanya perdamaian dalam konteks Indonesia. Kedua, mengunakan perspektif Gramsci dapat menunjukkan bahwa kehadiran peran intelektual memberikan sebuah energi positif perubahan, tata sikap dan pemahaman perdamaian dalam masyarakat. Sebagai sebuah gerakan non-politik, Gulen Movement mampu meneguhkan sikap untuk membangun perdamaian melalui dunia pendidikan tanpa terbelenggu bentuk-bentuk kepentingan. Pemikiran M. Fethullah Gulen merupakan sebuah wacana pemikiran yang jenius dalam suasana dunia yang penuh dengan berbagai problematika kepentingan, di sisi lain pendidikan perdamaian merupakan bentuk investasi perdamaian dunia di masa mendatang. Kata Kunci: Muhammad Fethullah Gulen, Gulen Movement, Global Action, Hizmet, Perdamaian, Pendidikan Perdamaian dan Sekolah atau Lembaga Pendidikan.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr. Ustadi Hamsah, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Muhammad Fethullah Gulen, Gulen Movement, Global Action, Hizmet, Perdamaian, Pendidikan Perdamaian dan Sekolah atau Lembaga Pendidikan.
Subjects: Agama Dan Filsafat
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Agama dan Filsafat
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 13 Dec 2016 08:15
Last Modified: 13 Dec 2016 08:15
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/22740

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum