PERAN GURU DALAM MELESTARIKAN TEMBANG DOLANAN PADA PEMBELAJARAN BAHASA JAWA DI KELAS VA MIN WONOSARI

FESTY UMU HIKMATIN, NIM. 12480068 (2016) PERAN GURU DALAM MELESTARIKAN TEMBANG DOLANAN PADA PEMBELAJARAN BAHASA JAWA DI KELAS VA MIN WONOSARI. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PERAN GURU DALAM MELESTARIKAN TEMBANG DOLANAN PADA PEMBELAJARAN BAHASA JAWA DI KELAS VA MIN WONOSARI)
09480098_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (PERAN GURU DALAM MELESTARIKAN TEMBANG DOLANAN PADA PEMBELAJARAN BAHASA JAWA DI KELAS VA MIN WONOSARI)
09480098_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (1MB)

Abstract

Festy Umu Hikmatin. Peran Guru dalam Melestarikan Tembang Dolanan pada Pembelajaran Bahasa Jawa di Kelas VA MIN Wonosari. Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta 2016. Era globalisasi mengakibatkan mudahnya akses informasi. Budaya asing yang masuk memberikan dampak positif maupun negatif. Salah satu cara mengatasi dampak negatif adalah melalui kesenian tradisional. Tembang dolanan merupakan salah satu kesenian tradisional sebagai sarana komunikasi dan sosialisasi. Oleh karena itu perlu diadakan penelitian terkait peran guru dalam melestarikan tembang dolanan pada pembelajaran Bahasa Jawa di kelas VA dan kendala yang dihadapi guru dalam melestarikan tembang dolanan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek penelitiannya adalah kepala madrasah, guru kelas VA, dan siswa MIN Wonosari kelas VA. Pemeriksaan data dilakukan dengan triangulasi data yaitu membandingkan hasil wawancara dengan observasi serta dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan dengan memberikan makna terhadap data yang dikumpulkan, kemudian ditarik kesimpulan. Hasil penelitian ini yaitu peran guru dalam melestarikan tembang dolanan di kelas VA adalah melalui kegiatan apersepsi. Kendala yang dihadapi guru dalam meletarikan tembang dolanan diantaranya 1) latar belakang pendidikan guru yang tidak sesuai, 2) kurangnya alokasi waktu, 3) kurangnya minat siswa dalam menyanyikan tembang dolanan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Drs. H. Sedya Santoso, SS., M. Pd.
Uncontrolled Keywords: Peran Guru, Melestarikan, Tembang Dolanan
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User / Editor: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 30 Nov 2016 06:36
Last Modified: 30 Nov 2016 06:36
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/22760

Actions (login required)

View Item View Item