USAHA MENINGKATKAN MOTIVASI BACA TULIS AL-QUR’AN BAGI GURU KELAS PESERTA DIDIK KELAS IV DI SDIT BINA ANAK ISLAM KRAPYAK BANTUL YOGYAKARTA TAHUN PELAJARAN 2015-2016

ABID DARDA’, NIM.09480117 (2016) USAHA MENINGKATKAN MOTIVASI BACA TULIS AL-QUR’AN BAGI GURU KELAS PESERTA DIDIK KELAS IV DI SDIT BINA ANAK ISLAM KRAPYAK BANTUL YOGYAKARTA TAHUN PELAJARAN 2015-2016. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (USAHA MENINGKATKAN MOTIVASI BACA TULIS AL-QUR’AN BAGI GURU KELAS PESERTA DIDIK KELAS IV DI SDIT BINA ANAK ISLAM KRAPYAK BANTUL YOGYAKARTA TAHUN PELAJARAN 2015-2016)
09480117_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (6MB) | Preview
[img] Text (USAHA MENINGKATKAN MOTIVASI BACA TULIS AL-QUR’AN BAGI GURU KELAS PESERTA DIDIK KELAS IV DI SDIT BINA ANAK ISLAM KRAPYAK BANTUL YOGYAKARTA TAHUN PELAJARAN 2015-2016)
09480117_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian merupakan penelitian lapangan yang memfokuskan kepada pembahasan tentang usaha meningkatkan motivasi baca tulis Al-Qur’an bagi guru kelas peserta didik kelas IV di SDIT Bina Anak Islam Krapyak Bantul Yogyakarta Tahun Pelajaran 2015-2016. Untuk memecahkan persolan diatas, penulis menggunakan metode wawancara langsung dengan guru kelas IV untuk mengetahui usaha yang dilakukan guru dalam membangun motivasi peserta didik dalam mengikuti pembelajaran baca tulis Al-Qur’an. Sedangkan untuk mendapatkan informasi tentang motivasi peserta didik dalam belajar baca tulis Al- Qur’an penulis menggunakan metode angket, yakni dengan cara meyebarkan angket kepada seluruh peserta didik kelas IV yang berjumlah 22 siswa. Adapun hasil penelitian ini adalah bahwa Usaha yang dilakukan guru kelas IV SDIT Bina Anak Islam Krapyak Bantul Yogyakarta dalam meningkatkan motivasi peserta didik dalam belajar baca tulis Al-Qur’an adalah guru menjelaskan tujuan yang hendak dicapai, membuat kompetisi/saingan, memberikan hadiah (reward) dan hukuman (punishment), memberikan bimbingan khusus kepada peserta didik yang mengalami kesulitian dalam belajar dan menggunakan metode yang bervariasi dalam proses pembelajaran. Sementara itu dari hasil angket menunjukkan bahwa Motivasi peserta didik terhadap pembelajaran baca tulis Al-Qur’an di SDIT Bina Anak Islam Krapyak Bantul Yogyakarta secara rata-rata adalah tinggi/baik. Artinya bahwa para peserta didik memiliki motivasi yang tinggi dalam mengikuti belajar baca tulis Al-Qur’an. Dari penelitian ini dapat ditarik kesimpulan bahwa upaya guru kelas IV dalam membangun motivasi belajar baca Tulis Al-Qur’an di SDIT Bina Anak Islam Krapyak Bantul Yogyakarta sudah dilakukan dengan berbagai cara dan kegiatan. Meskipun demikian guru kelas harus tetap kreatif dan update terhadap metode-metode baru dalam pembelajaran sehingga diharapkan ada inovasi baru dalam proses kegiatan belajar tersebut.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Drs. Nur Hidayat, M. Ag.
Uncontrolled Keywords: Al-Qur’an, Baca Tulis Al-Qur’an, Metode belajar, Motivasi Belajar, SDIT Bina Anak Islam.
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User / Editor: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 30 Nov 2016 07:12
Last Modified: 30 Nov 2016 07:12
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/22765

Actions (login required)

View Item View Item