IMPLEMENTASI LIVING VALUE ACTIVITIES (LVA) DALAM PENGEMBANGAN NILAI-NILAI KARAKTER PESERTA DIDIK (STUDI KASUS DI KELAS 1 AMMAN SD BUDI MULIA DUA SETURAN YOGYAKARTA)

AGUSTIN RAHMAWATI PRATIWI, NIM.11480025 (2016) IMPLEMENTASI LIVING VALUE ACTIVITIES (LVA) DALAM PENGEMBANGAN NILAI-NILAI KARAKTER PESERTA DIDIK (STUDI KASUS DI KELAS 1 AMMAN SD BUDI MULIA DUA SETURAN YOGYAKARTA). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (IMPLEMENTASI LIVING VALUE ACTIVITIES (LVA) DALAM PENGEMBANGAN NILAI-NILAI KARAKTER PESERTA DIDIK (STUDI KASUS DI KELAS 1 AMMAN SD BUDI MULIA DUA SETURAN YOGYAKARTA))
11480025_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (IMPLEMENTASI LIVING VALUE ACTIVITIES (LVA) DALAM PENGEMBANGAN NILAI-NILAI KARAKTER PESERTA DIDIK (STUDI KASUS DI KELAS 1 AMMAN SD BUDI MULIA DUA SETURAN YOGYAKARTA))
11480025_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (2MB)

Abstract

Dewasa ini anak-anak semakin terkena dampak negatif dari media sosial yang semakin mudah diakses oleh semua orang termasuk juga anak-anak. Nilainilai kehidupan dirasa semakin luntur dari keseharian individu. Aktivitas menghidupkan nilai (Living Value Activities) dirasa mampu membentengi dampak negatif dari media sosial melalui pengembangan nilai-nilai kehidupan melalui berbagai macam aktivitas pengalaman dan kegiatan yang menyenangkan sesuai jenjang usia. SD Budi Mulia Dua Seturan merupakan sekolah inklusi yang menyadari bahwa setiap individu adalah unik sehingga mengharuskan lembaga mampu memberikan rasa nyaman belajar kepada peserta didik yang berkebutuhan khusus untuk belajar bersama dengan peserta didik pada kelas regular. SD Budi Mulia Dua menjadikan Living Value sebagai basis pendidikannya, guna mewujudkan budaya sekolah yang damai dan anti bullying. Sehingga peserta didik bisa bersekolah dengan senang dan senang di sekolah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui aktivitas-aktivitas nilai yang dikembangkan SD Budi Mulia Dua Seturan dalam mengembangkan nilai-nilai karakter peserta didik di kelas 1 Amman. Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan pendekatan penelitian kualitatif deskriptif. dengan metode pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun olah dan analisa data dilakukan dengan memfokuskan pada hal-hal yang menjadi pokok bahasan, triangulasi data dan penarikan kesimpulan. LVA yang dilaksanakan di SD BMD Seturan merupakan hidden kurikulum yang dijadikan sebagai basis pendidikan sehingga mengharuskan segala aktivitas yang ada harus bermuatan nilai yang tetap membuat anak bersekolah dengan senang dan senang di sekolah. Perencanaan yang dilakukan untuk program LVA ini dilakukan oleh Manager Character Building (MCB) dan wali kelas dengan mengacu kepada 4 pilar BMD. LVA di kelas I Amman dilaksanakan melalui pembiasaan berbagai aktivitas bermuatan nilai melalui refleksi, relaksasi/fokus, ekspresi seni, keterampilan sosial (resolusi konflik). Nilai-nilai karakter yang dikembangkan di kelas I Amman yaitu kedamaian dan peghargaan. Faktor pendukung implementasi LVA ini adalah konsistensi dan kerja sama yang baik dari pihak sekolah dengan orang tua serta sistem full day school memudahkan dalam mengenali karakteristik peserta didik. Faktor penghambat yang paling utama adalah kesibukan orang tua yang

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Dr. Aninditya Sri Nugraheni, M.Pd.,
Uncontrolled Keywords: Living Value Activities (LVA), Nilai Karakter.
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User / Editor: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 30 Nov 2016 07:20
Last Modified: 30 Nov 2016 07:20
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/22768

Actions (login required)

View Item View Item