PERAN GURU DALAM MENGEMBANGKAN BAKAT DAN MINAT SISWA PADA MATA PELAJARAN SENI BUDAYA DAN KETERAMPILAN (SBK) SEMESTER 2 MATERI SENI RUPA MELALUI METODE DEMONSTRASI KARYA SISWA KELAS VA MI MA’ARIF BEGO TAHUN AJARAN 2015/2016

SITI HAFSOH, NIM.12480021 (2016) PERAN GURU DALAM MENGEMBANGKAN BAKAT DAN MINAT SISWA PADA MATA PELAJARAN SENI BUDAYA DAN KETERAMPILAN (SBK) SEMESTER 2 MATERI SENI RUPA MELALUI METODE DEMONSTRASI KARYA SISWA KELAS VA MI MA’ARIF BEGO TAHUN AJARAN 2015/2016. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PERAN GURU DALAM MENGEMBANGKAN BAKAT DAN MINAT SISWA PADA MATA PELAJARAN SENI BUDAYA DAN KETERAMPILAN (SBK) SEMESTER 2 MATERI SENI RUPA MELALUI METODE DEMONSTRASI KARYA SISWA KELAS VA MI MA’ARIF BEGO TAHUN AJARAN 2015/2016)
12480021_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (PERAN GURU DALAM MENGEMBANGKAN BAKAT DAN MINAT SISWA PADA MATA PELAJARAN SENI BUDAYA DAN KETERAMPILAN (SBK) SEMESTER 2 MATERI SENI RUPA MELALUI METODE DEMONSTRASI KARYA SISWA KELAS VA MI MA’ARIF BEGO TAHUN AJARAN 2015/2016)
12480021_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (1MB)

Abstract

Permasalahan yang terjadi pada sekolah dasar atau madrasah ibtidaiyah adalah lemahnya metode mengajar guru yang mengakibatkan ketidakefektifan dalam proses pembelajaran yang berakibat pada ketidakmaksimalan siswa dalam menyerap materi yang disampaikan oleh guru khususnya pada mata pelajaran Seni Budaya dan Keterampilan yang dapat dijadikan sebagai salah satu dasar untuk mengembangkan bakat dan minat yang dimiliki oleh setiap siswa. Metode demonstrasi sebagai salah satu langkah guru untuk membantu proses pembelajaran lebih menarik minat dan semangat siswa. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana peran guru dalam mengembangkan potensi bakat dan minat siswa pada mata pelajaran Seni Budaya dan Keterampilan materi seni rupa melalui metode demonstrasi karya siswa kelas VA MI Ma’arif Bego tahun ajaran 2015/2016, (2) Apa saja faktor pendukung dan faktor penghambat peran guru dalam mengembangkan potensi bakat dan minat siswa pada mata pelajaran Seni Budaya dan Keterampilan materi seni rupa melalui metode demonstrasi karya siswa siswa kelas VA MI Ma’arif Bego tahuna ajaran 2015/2016. Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) yang menggunakan penelitian kualitatif deskriptif dan lokasi yang diteliti adalah MI Ma’arif Bego, Depok, Sleman, Yogyakarta. Metode dalam penelitian ini meliputi: metode observasi, metode wawancara, metode demonstrasi, dan metode dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan: pertama, peran guru dalam mengembangkan bakat dan minat siswa adalah (a) guru sebagai inspirator, (b) guru sebagai observer, dan (c) guru sebagai motivator. Kedua, faktor pendukung peran guru dalam mengembangkan bakat ini adalah guru bekerja sama dengan wali kelas dan kepala sekolah, semangat guru, pembelajaran yang efektif. Faktor penghambat peran guru dalam mengembangkan bakat siswa adalah sarana dan prasarana yang kurang memadai, dan membutuhkan waktu yang lama untuk kegiatan membuat karya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Dr. H. Sedya Santoso, S.S, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Peran Guru, Metode Demonstrasi, Bakat Minat, dan Seni Rupa
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User / Editor: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 01 Dec 2016 05:13
Last Modified: 01 Dec 2016 05:13
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/22786

Actions (login required)

View Item View Item