UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MEDIA PEMBELAJARAN IPA BERBASIS LECTORA INSPIRE KELAS VB MI MUHAMMADIYAH CANDIREJO NGAWEN KLATEN

DENI ASTUTIK, NIM.12480038 (2016) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MEDIA PEMBELAJARAN IPA BERBASIS LECTORA INSPIRE KELAS VB MI MUHAMMADIYAH CANDIREJO NGAWEN KLATEN. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MEDIA PEMBELAJARAN IPA BERBASIS LECTORA INSPIRE KELAS VB MI MUHAMMADIYAH CANDIREJO NGAWEN KLATEN)
12480038_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (7MB) | Preview
[img] Text (UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MEDIA PEMBELAJARAN IPA BERBASIS LECTORA INSPIRE KELAS VB MI MUHAMMADIYAH CANDIREJO NGAWEN KLATEN)
12480038_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil belajar kognitif kelas VB pada mata pelajaran IPA yang masih rendah. Ketuntasan belajar selama ini hanya mencapai kurang dari 70% siswa. Hal ini terjadi karena guru selama ini hanya menggunakan media pembelajaran yang kurang variatif dan monoton. Materi yang disampaikan hanya bersifat teoritis dan masih belum memanfaatkan fasilitas yang disediakan oleh sekolah, seperti laboraturium komputer. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui upaya guru dalam meningkatkan hasil belajar siswa dengan media pembelajaran berbasis Lectora Inspire kelas VB MI Muhammadiyah Candirejo Ngawen Klaten. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas model Kemmis dan McTaggart yang dilaksanakan dalam satu siklus dimana setiap siklus terdiri satu kali pertemuan dengan empat tahap, yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Instrumen penelitian meliputi kehadiran peneliti, observasi, hasil belajar kognitif, wawancara semi berstruktur, catatan lapangan, dan dokumentasi. Indikator keberhasilan dalam penelitian ini adalah adanya peningkatan hasil belajar kognitif siswa dalam mata pelajaran IPA yang sebelumnya kurang dari 60% menjadi 75% ketuntasan (12 siswa tuntas dari 16 siswa). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa sebelum dilakukan tindakan hanya sebanyak 9 (56,25%) dari 16 siswa tuntas memenuhi KKM, setelah dilakukan tindakan ketuntasan hasil belajar kognitif siswa kelas VB pada siklus I mencapai 16 (100%) siswa atau terjadi peningkatan sebanyak 7 (43,75%) siswa tuntas. Dengan demikian, hasil belajar kognitif siswa kelas VB pada mata pelajaran IPA dapat ditingkatkan dengan media pembelajaran berbasis Lectora Inspire.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Moh. Agung Rokhimawan, M.Pd.,
Uncontrolled Keywords: hasil belajar, media pembelajaran IPA, Lectora Inspire.
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User / Editor: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 01 Dec 2016 05:20
Last Modified: 01 Dec 2016 05:20
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/22787

Actions (login required)

View Item View Item