PENGEMBANGAN MEDIA INTERAKTIF BAHASA INGGRIS MENGGUNAKAN ADOBE FLASH PROFESSIONAL UNTUK KEGIATAN EKSTRAKURIKULER DI SD/MI

LAELIYA MASRUROH, NIM. 12480049 (2016) PENGEMBANGAN MEDIA INTERAKTIF BAHASA INGGRIS MENGGUNAKAN ADOBE FLASH PROFESSIONAL UNTUK KEGIATAN EKSTRAKURIKULER DI SD/MI. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN MEDIA INTERAKTIF BAHASA INGGRIS MENGGUNAKAN ADOBE FLASH PROFESSIONAL UNTUK KEGIATAN EKSTRAKURIKULER DI SD/MI)
12480049_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (9MB) | Preview
[img]
Preview
Text
12480049_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang bertujuan untuk menghasilkan media interaktif Bahasa Inggris yang dapat digunakan untuk kegiatan ekstrakurikuler di SD/MI. Media ini dibuat menggunakan software Adobe Flash CS3 Professional dan dikemas dalam DVD. Media ini berupa media interaktif I Can Learn English Easy dengan tujuan dapat membantu belajar Bahasa Inggris dengan mudah dan menyenangkan. Penelitian ini mengacu pada model pengembangan ADDIE (Analisys, Design, Development, Implementation, dan Evaluation), dengan rincian: (1) Analisys,meliputi analisis kebutuhan, analisis kurikulum, dan analisis karakter. (2) Design, meliputi pemilihan materi dan buku yang digunakan serta pembuatan flow chart media. (3) Development, meliputi pembuatan media interaktif I Can Learn English Easy dan pengujian media oleh ahli materi, ahli media, 5 guru SD/MI dan 5 peer reviewer. (4) Implementation, meliputi pengujicobaan oleh 20 siswa, dan (5) Evaluation, meliputi indikator keberhasilan media berdasarkan penilaian para ahli dan respon siswa. Produk media interaktif yang dikembangkan ini telah berhasil disusun. Hasil penilaian media interaktif I Can Learn English Easy menggunakan Adobe Flash CS3 Professional yang telah dikembangkan berdasarkan penilaian ahli materi adalah Sangat Baik (SB) dengan skor rata-rata 66. Berdasarkan penilaian ahli media adalah Sangat Baik (SB) dengan skor 48. Berdasarkan penilaian peer reviewer adalah Baik (B) dengan skor rata-rata 82,8. Berdasarkan penilaian 2 guru kelas I adalah Baik (B) dengan skor rata-rata 80, sedangkan berdasarkan respon 20 siswa kelas 5 MI Sultan Agung dengan skor rata-rata 6,3. Dan dari tes hasil belajar siswa yang dinilai berdasarkan hasil pre test dan post test didapatkan peningkatan 15,44 dari nilai semula 71,82 (pre test) menjadi 87,26 (post test). Dengan ini media interaktif I Can Learn English Easy ini layak karena dapat meningkatkan prestasi belajar dan memudahkan peserta didik dalam belajar Bahasa Inggris, sehingga media ini efektif untuk pembelajaran.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Mohamad Agung Rokhimawan, M.Pd.,
Uncontrolled Keywords: Pengembangan media, interaktif, Bahasa Inggris
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User / Editor: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 01 Dec 2016 05:34
Last Modified: 01 Dec 2016 05:34
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/22788

Actions (login required)

View Item View Item