HUBUNGAN STATUS SOSIAL EKONOMI TERHADAP MOTIVASI BELAJAR PADA SISWA KELAS VI DI MIN WONOSARI TAHUN AJARAN 2015/2016 SKRIPSI

MEYDA HANI SYAFITRI, NIM.12480065 (2016) HUBUNGAN STATUS SOSIAL EKONOMI TERHADAP MOTIVASI BELAJAR PADA SISWA KELAS VI DI MIN WONOSARI TAHUN AJARAN 2015/2016 SKRIPSI. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (HUBUNGAN STATUS SOSIAL EKONOMI TERHADAP MOTIVASI BELAJAR PADA SISWA KELAS VI DI MIN WONOSARI TAHUN AJARAN 2015/2016 SKRIPSI)
12480065_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (HUBUNGAN STATUS SOSIAL EKONOMI TERHADAP MOTIVASI BELAJAR PADA SISWA KELAS VI DI MIN WONOSARI TAHUN AJARAN 2015/2016 SKRIPSI)
12480065_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (1MB)

Abstract

Ekonomi menjadi permasalahan yang sangat krusial dalam pendidikan dan perkembangan anak. Di MIN Wonosari hampir seluruh siswanya memiliki ekonomi menengah ke bawah. Hal ini berdasarkan data sekolah yang menyatakan bahwa dari 176 siswa 76.71% adalah siswa yang menerima BSM (Bantuan Siswa Miskin). Karena, sebuah keluarga memiliki perekonomian yang cukup lingkungan material yang dihadapi anak dalam keluarganya lebih luas. Maka, dalam penelitian ini adakah hubungan status sosial ekonomi terhadap motivasi belajar di MIN Wonosari. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah hubungan status sosial ekonomi terhadap motivasi belajar pada siswa kelas VI di MIN Wonosari. Metode angket digunakan untuk mengumpulkan data variabel bebas status sosial ekonomi dan variabel terikat motivasi belajar. Uji coba instrumen penelitian dengan uji validitas dan uji reliabilitas dilakukan terhadap 35 siswa di MIN Wonosari. Sebelum dianalisis diadakan uji prasyarat analisis dengan uji normalitas dan linieritas. Teknik analisis data yang digunakan adalah korelasi product moment yang kemudian dilanjutkan dengan regresi linier sederhana. Berdasarkan hasil analisis data terdapat hubungan positif dan signifikan status sosial ekonomi terhadap motivasi belajar yang ditunjukkan dengan nilai koefisien korelasi sebesar 0,381 yang artinya hubungan status sosial ekonomi dan motivasi tergolong rendah. Dan koefisien determinasi sebesar 0,146 yang artinya 14,6 % variabel status sosial ekonomi mempengaruhi motivasi belajar. Hal ini dikarenakan masih banyak faktor lain yang mempengaruhi status sosial seperti pola asuh orang tua, kurangnya perhatian orang tua, lingkungan dan lain sebagainya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Drs. Ichsan, M. Pd.
Uncontrolled Keywords: status sosial ekonomi, motivasi belajar
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User / Editor: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 01 Dec 2016 06:34
Last Modified: 01 Dec 2016 06:34
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/22792

Actions (login required)

View Item View Item