PRESTASI BELAJAR BAHASA ARAB MAHASISWA JURUSAN PENDIDIKAN BAHASA ARAB BERDASARKAN LATAR BELAKANG PENDIDIKAN PADA SEMESTER VI TAHUN AKADEMIK 2015-2016 UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA

MOHIQBAL AL RASYID, NIM.09420066 (2016) PRESTASI BELAJAR BAHASA ARAB MAHASISWA JURUSAN PENDIDIKAN BAHASA ARAB BERDASARKAN LATAR BELAKANG PENDIDIKAN PADA SEMESTER VI TAHUN AKADEMIK 2015-2016 UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (PRESTASI BELAJAR BAHASA ARAB MAHASISWA JURUSAN PENDIDIKAN BAHASA ARAB BERDASARKAN LATAR BELAKANG PENDIDIKAN PADA SEMESTER VI TAHUN AKADEMIK 2015-2016 UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA)
09420066_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (7MB) | Preview
[img] Text (PRESTASI BELAJAR BAHASA ARAB MAHASISWA JURUSAN PENDIDIKAN BAHASA ARAB BERDASARKAN LATAR BELAKANG PENDIDIKAN PADA SEMESTER VI TAHUN AKADEMIK 2015-2016 UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA)
09420066_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tau tidaknya perbedaan hasil dan prestasi belajar bahasa Arab pada mahasiswa di Jurusan Pendidikan Bahasa Arab semester VII Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga antara mahasiswa almni pondok pesantren dan dengan mahasiswa non pondok pesantren (SMA/SMK), sehingga dapat menyajikan data yang signifikan menegani perbedaan dari keduanya. Juga mampu memberikan masukan baru bagi semua pihak dalam bidang bahasa Arab umumya dan Jurusan Pendidikan Bahasa Arab khususnya. Jenis penelitian dalam skripsi ini termasuk penelitian kuantitatif yang mengambil lokasi di UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan di Jurusan Pendidikan Bahasa Arab. Adapun pengumpulan datanya menggunakan metode test, wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian ini mengahasilkan perbedaan yang signifikan bahwa prestasi dan hasil belajar Bahasa Arab mahasiswa alumni pondok pesantren lebih tinggi dibandingkan mahasiswa non pondok pesantren atau lulusan SMA/SMK sederajat dengan interval 3,36. Adapun hasil tes “t” sebesar 3,246. Perbedaan hasil belajar terendah 1,2778 dan tertinggi adalah 5,4412. Serta memeperhatikan factor-faktor yang mempengaruhi hasil belajar keduannya. Kata kunci : komparasi, hasil dan prestasi belajar, pondok pesantren,

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Bapak Nurhadi M.A
Uncontrolled Keywords: komparasi, hasil dan prestasi belajar, pondok pesantren, non-pondok pesantren.
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User / Editor: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 14 Dec 2016 01:28
Last Modified: 14 Dec 2016 01:28
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/22801

Actions (login required)

View Item View Item