KORELASI ANTARA MINAT BELAJAR BAHASA ARAB DENGAN PRESTASI BELAJAR BAHASA ARAB SISWA KELAS VIII MTSN LAB. UIN YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2015/2016

NURHAFNIANDRIANA, NIM.12420027 (2016) KORELASI ANTARA MINAT BELAJAR BAHASA ARAB DENGAN PRESTASI BELAJAR BAHASA ARAB SISWA KELAS VIII MTSN LAB. UIN YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2015/2016. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (KORELASI ANTARA MINAT BELAJAR BAHASA ARAB DENGAN PRESTASI BELAJAR BAHASA ARAB SISWA KELAS VIII MTSN LAB. UIN YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2015/2016)
12420027_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (KORELASI ANTARA MINAT BELAJAR BAHASA ARAB DENGAN PRESTASI BELAJAR BAHASA ARAB SISWA KELAS VIII MTSN LAB. UIN YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2015/2016)
12420027_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (671kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui korelasi antara minat belajar bahasa Arab dan prestasi belajar bahasa Arab siswa kelas VIII MTs N Lab. UIN Yogyakarta. Dengan penelitian ini diharapkan dapat memberi masukan dalam peningkatan pembelajaran bahasa Arab, khususnya pembelajaran bahasa Arab di MTs N Lab. UIN Yogykarta. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, dengan menggunakan metode korelasional. Populasi dari penelitian ini adalah siswa kelas VIII MTs N Lab. UIN Yogyakarta yang seluruhnya berjumlah 108 siswa. Untuk penarikan sampel, penelitian ini menggunakan simple random sampling, yaitu pengambilan sampel secara acak dan tanpa memperhatikan strata yang ada dalam populasi tersebut. Adapaun sampel yang diambil peneliti adalah 54 siswa atau sebanyak 50% dari jumlah keseluruhan. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah angket, observasi dan dokumentasi. pengkajian instrumen menggunakan uji validitas dan uji reabilitas. Analisis korelasi antara minat belajar bahasa Arab dengan prestasi belajar bahasa Arab menggunakan uji korelasi Product Moment degan bantuan program SPSS 16.0. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa minat belajar bahasa Arab dan prestasi belajar bahasa Arab siswa kelas VIII MTs N Lab. UIN Yogyakarta samasama berada pada rangking sedang. Terdapat hubungan antara kedua variabel tersebut. Hubungan kedua variabel tersebut adalah hubungan yang positif, yang berarti apabila minat belajar bahasa Arab tinggi maka prestasi belajar bahasa arab akan meningkat, dan apabila minat belajar bahasa Arab rendah maka prestasi belajar bahasa Arab akan menurun. Hal ini ditunjukkkan dengan angka signifikansi 0,016 yang lebih kecil dari 0,05 dan angka koefisien korelasi 0,328 yang bertanda positif. Hubungan ini cukup kuat, karena angka koefisien korelasi yang hampir mendekati 1. Minat belajar bahasa Arab hanya memberikan sumbangan sebesar 10,7% terhadap prestasi belajar bahasa Arab. Hal tersebut ditunjukkan dengan angka determinasi sebesar 0,107.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. Dudung Hamdun, M.
Uncontrolled Keywords: Minat Belajar, Prestasi Belajar Bahasa Arab
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 08 Dec 2016 15:16
Last Modified: 08 Dec 2016 15:16
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/22828

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum