PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI MADRASAH DINIYAH AL MUHTADIN PLUMBON BANGUNTAPAN BANTUL (TELAAH PSIKOLINGUISTIK)

RETNO YULAICHA, 12420041 (2016) PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI MADRASAH DINIYAH AL MUHTADIN PLUMBON BANGUNTAPAN BANTUL (TELAAH PSIKOLINGUISTIK). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI MADRASAH DINIYAH AL MUHTADIN PLUMBON BANGUNTAPAN BANTUL (TELAAH PSIKOLINGUISTIK))
12420041_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (7MB) | Preview
[img] Text (PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI MADRASAH DINIYAH AL MUHTADIN PLUMBON BANGUNTAPAN BANTUL (TELAAH PSIKOLINGUISTIK))
12420041_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (895kB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah hasil observasi peneliti bahwa lata belakang pendidikan santri ini bukan berbasis pesantren atau sekolah agama aka tetapi berbasis non agama yaitu mayoritas peserta didik di Madrasah Diniyah Al Muhtadin Plumbon Banguntapan Bantul berasal dari Sekolah Dasar (SD) da SMP yang sebagian besar berlatar belakang dari kalangan umum Penelitian ini merupakan penelitian lapangan. Pengumpulan data dilakuka dengan menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi, tes dan angket. Dat yang diperoleh adalah data kualitatif dan kuantitatif. Untuk data yang bersifa kualitatif penulis menyajikan denga empat tahapan yaitu pengumpulan data reduksi data, penyajian data dan penarikan data. Adapun data kuantitatif denga mencari nilai rata-rata siswa dengan rumus mean. Sehingga penulis bis mengelolah data dan menganalisis data yang diperoleh untuk menemukan konse satu formula atau konsep yang efektif dalam pembelajaran bahasa Arab. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa proses pembelajaran bahasa Arab d Madrasah Diniyah Al Muhtadin Plumbon Banguntapan Bantul sebagian besa mengacu pada teori psikolinguistik, yaitu disesuiakan dengan kebutuhan psikolog peserta didik. Diawali dari materi yang di bedakan setiapkelasnya , disebabka karena faktor usia peserta didik dan tingkat kemampuan yang berbeda. Selain itu metode yang dipilih oleh guru adalah metode yang dapat meningkatkan pesert didik untuk berpartisipasi aktif dalam proses pembelajaran Dalam hal kemampuan berbasaha Arab dari segi usia, siswa yang berusi delapan tahun dominan lebih pandai dibandingkan dengan siswa berusia sembila tahun. Namun jika dilihat dari segi latar belakang orang tua yang pernah belaja bahasa arab, siswa yang orang tuanya pernah belajar bahasa Arab lebih menguasa jika dibandingkan dengan siswa yang orang tuanya tidak pernah belajar bahas Arab. Dalam hal kefasihan berbahasa Arab dari segi usia, siswa yang berusi sembilan tahun lebih fasih dibandingkan dengan siswa yang berusia delapa tahun. Jika dilihat dari segi latar belakang orang tua yang pernah belajar bahas Arab, siswa yang memiliki orang tua yang pernah belajar bahasa Arab lebih fasi dibandingkan dengan siswa yang orang tuanya tidak pernah belajar bahasa Arab.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. Adfar Ammar MA
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran bahasa Arab, Psikoliguistik
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 08 Dec 2016 15:27
Last Modified: 08 Dec 2016 15:27
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/22829

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum