EKSPERIMENTASI MEDIA PEMBELAJARAN SCRABBLE DALAM UPAYA MENINGKATKAN PENGUASAAN KOSA KATA BAHASA ARAB SISWA KELAS X MAN SABDODADI BANTUL

BETTA ISRINA JAYENDRA SITA, NIM.12420047 (2016) EKSPERIMENTASI MEDIA PEMBELAJARAN SCRABBLE DALAM UPAYA MENINGKATKAN PENGUASAAN KOSA KATA BAHASA ARAB SISWA KELAS X MAN SABDODADI BANTUL. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (EKSPERIMENTASI MEDIA PEMBELAJARAN SCRABBLE DALAM UPAYA MENINGKATKAN PENGUASAAN KOSA KATA BAHASA ARAB SISWA KELAS X MAN SABDODADI BANTUL)
12420047_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text (EKSPERIMENTASI MEDIA PEMBELAJARAN SCRABBLE DALAM UPAYA MENINGKATKAN PENGUASAAN KOSA KATA BAHASA ARAB SISWA KELAS X MAN SABDODADI BANTUL)
12420047_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pembelajaran kosa kata bahasa Arab dan mengetahui perbedaan hasil belajar kelas eksperimen dan kontrol menggunakan media pembelajaran scrabble. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen atau eksperimental research, dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X MAN Sabdodadi Bantul. Metode pengumpulan data dilakukan dengan metode tes, observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan media pembelajaran scrabble dalam pembelajaran kosa kata bahasa Arab dimulai dengan guru membagikan media scrabble kepada siswa, kemudian siswa diminta untuk menyusun kosa kata sesuai tema yang telah ditentukan. Dari kosa kata itu kemudian siswa berlatih membuat kalimat sederhana. Pada hasil analisis statistik menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan. Perbedaan ini dapat dilihat dari perubahan rata-rata nilai pretest ke posttest pada kelas eksperimen dan kelas kontrol. Rata-rata nilai pretest sebesar 15,38 dan nilai posttest sebesar 27,03 pada kelas eksperimen, sedangkan pada kelas kontrol nilai rata-rata pretest sebesar 15,17 dan nilai posttest sebesar 17,03. Melihat perubahan rata-rata nilai masing-masing kelas, peneliti menyimpulkan bahwa pengajaran kosa kata bahasa Arab dengan menggunakan media scrabble terbukti efektif untuk meningkatkan penguasaan kosa kata bahasa Arab siswa kelas X MAN Sabdodadi Bantul

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. Sembodo Ardi Widodo, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Eksperimen, Media Scrabble, Kosa Kata Bahasa Arab
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 08 Dec 2016 15:34
Last Modified: 13 Mar 2017 13:41
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/22830

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum