PENGARUH PEMANFAATAN LABORATORIUM BAHASA TERHADAP PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR BAHASA ARAB SISWA KELAS XI MAN 1 BANJARNEGARA TAHUN PELAJARAN 2015/2016

FIKRI ‘ALIM WIJAYA, NIM. 12420061 (2016) PENGARUH PEMANFAATAN LABORATORIUM BAHASA TERHADAP PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR BAHASA ARAB SISWA KELAS XI MAN 1 BANJARNEGARA TAHUN PELAJARAN 2015/2016. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGARUH PEMANFAATAN LABORATORIUM BAHASA TERHADAP PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR BAHASA ARAB SISWA KELAS XI MAN 1 BANJARNEGARA TAHUN PELAJARAN 2015/2016)
12420061_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (37MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH PEMANFAATAN LABORATORIUM BAHASA TERHADAP PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR BAHASA ARAB SISWA KELAS XI MAN 1 BANJARNEGARA TAHUN PELAJARAN 2015/2016)
12420061_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (630kB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah banyaknya madrasah yang memiliki Laboratorium Bahasa, namun dalam dalam faktanya masih banyak madrasah yang kurang memanfaatkan dengan baik, bahkan tidak pernah menggunakannya dan juga kurangnya motivasi para siswa dalam pembelajaran bahasa Arab. Untuk mengatasi permasalahan tersebut dilakukan penelitian eksperimen yang bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar bahasa Arab dengan memanfaatkan Laboratorium Bahasa sebagai sarana pembelajaran. Penelitian ini merupakan Penelitian Eksperimen. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas XI MAN 1 Banjarnegara yang berjumlah 193 siswa. Adapun sampel yang digunakan adalah kelas XI IPS 3 sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 25 siswa dan kelas XI IPS 2 sebagai kelas kontrol yang berjumlah 25 siswa. Data-data yang dikumpulkan berupa data nilai angket siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket, wawancara dan dokumentasi. Pendekatak yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan menggunakan olah data statistik untuk menganalisis data. Hasil analisis motivasi belajar bahasa Arab siswa kelas XI MAN 1 Banjarnegara dengan menggunakan angket terdapat perbedaan yang cukup signifikan antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Adapun nilai rata- rata angket dari kelompok eksperimen adalah 75,2 dan nilai rata-rata angket dari kelompok kontrol adalah 68,84. Dari uji t yang telah dilaksanakan terdapat perbedaan yang signifikan terhadap kedua kelompok tersebut, hal tersebut dibuktikan dengan nilai sig. (2 tailed) = 0.000 0,05. Yang artinya bahwa pemanfaatan Laboratorium Bahasa bisa meningkatkan motivasi belajar bahasa Arab siswa kelas XI MAN 1 Banjarnegara.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. Dudung Hamdun, M.SI
Uncontrolled Keywords: Laboratorium Bahasa, Motivasi Belajar, Bahasa Arab, Peningkatan
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 09 Dec 2016 10:18
Last Modified: 09 Dec 2016 10:18
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/22832

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum