PENGARUH PENGGUNAAN KAMUS ARAB INDONESIA (MAHMUD YUNUS) TERHADAP PEMAHAMAN KITAB FATHUL QARIB DI KELAS 3 AWALIYAH MADRASAH DINIYAH NURUL UMMAH TAHUN AJARAN 2016/2017

MUHAMMAD NAUFAL, NIM. 12420095 (2016) PENGARUH PENGGUNAAN KAMUS ARAB INDONESIA (MAHMUD YUNUS) TERHADAP PEMAHAMAN KITAB FATHUL QARIB DI KELAS 3 AWALIYAH MADRASAH DINIYAH NURUL UMMAH TAHUN AJARAN 2016/2017. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGARUH PENGGUNAAN KAMUS ARAB INDONESIA (MAHMUD YUNUS) TERHADAP PEMAHAMAN KITAB FATHUL QARIB DI KELAS 3 AWALIYAH MADRASAH DINIYAH NURUL UMMAH TAHUN AJARAN 2016/2017)
12420095_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (9MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH PENGGUNAAN KAMUS ARAB INDONESIA (MAHMUD YUNUS) TERHADAP PEMAHAMAN KITAB FATHUL QARIB DI KELAS 3 AWALIYAH MADRASAH DINIYAH NURUL UMMAH TAHUN AJARAN 2016/2017)
12420095_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitaian kuantitatif, dengan model design eksperimen kuasi (Quasi Eksperimental) yang dilaksanakan pada kelas eksperimen yang berjumlah 19 santri dan pada kelas kontrol yang berjumlah 22 santri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemahaman kitab Fatḥul Qarῑb bab thoharoh baik kelas kontrol maupun kelas eksperimen dan pengaruh penggunaan kamus Arab Indonesia (Mahmud Yunus) dalam pembelajaran. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini yaitu dengan wawancara, tes yang meliputi pretest dan posttest serta dokumentasi. Pengaruh penggunaan kamus tersebut dapat diketahui dengan cara membandingkan nilai kemampuan awal hasil belajar dan nilai peningkatan hasil belajar setelah dilaksanakan pembelajaran. Teknik analisis data menggunakan uji t dengan bantuan SPSS 16, yang sebelumnya dilakukan uji prasayarat analisis. Hasil penelitian tersebut menunjukkan bahwa nilai pretest dan posttest pada kelas eksperimen 69,684 menjadi 80 dan pada kelas kontrol 63,818 menjadi 72,545. Hasil analisis data dengan menggunakan uji t menunjukkan bahwa hasil kelas eksperimen setelah dilaksanakan pembelajaran dengan menggunakan kamus Arab Indonesia (Mahmud Yunus) lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol, dengan signifikasi 0.022 di mana lebih kecil daripada 0.05. sesuai dengan pedoman pengambilan keputusan pada Independent Sample T Test maka diputuskan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan di antara keduanya. Dari data tersebut dapat diketahui bahwa penggunaan kamus tersebut efektif untuk meningkatkan kemampuan kelas eksperimen.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Muhammad Ja’far Shodiq, M.S.I
Uncontrolled Keywords: Pengaruh, Kamus Arab Indonesia (Mahmud Yunus), Nurul Ummah
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 09 Dec 2016 11:14
Last Modified: 09 Dec 2016 11:14
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/22836

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum