STRUKTUR DAN KOMPOSISI SPESIES VEGETASI LANTAI PADA NAUNGAN TECTONA GRANDIS DI PAJANGAN, BANTUL DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA

NUR SUCI UTAMI, NIM. 10640013 (2016) STRUKTUR DAN KOMPOSISI SPESIES VEGETASI LANTAI PADA NAUNGAN TECTONA GRANDIS DI PAJANGAN, BANTUL DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (STRUKTUR DAN KOMPOSISI SPESIES VEGETASI LANTAI PADA NAUNGAN TECTONA GRANDIS DI PAJANGAN, BANTUL DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA)
10640013_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text (STRUKTUR DAN KOMPOSISI SPESIES VEGETASI LANTAI PADA NAUNGAN TECTONA GRANDIS DI PAJANGAN, BANTUL DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA)
10640013_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian yang dilakukan di Pajangan, Bantul bertujuan untuk mempelajari struktur komposisi dan indeks keanekaragaman vegetasi lantai pada naungan Tectona grandis. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuadrat dengan ukuran plot 5 m x 5 m untuk vegetasi tingkat semak dan herba serta 1 m x 1 m untuk vegetasi tingkat rumput. Parameter vegetasi yang diukur meliputi densitas, densitas relatif, frekuensi, frekuensi relatif, indeks nilai penting dan indeks keanekaragaman. Parameter abiotik terukur meliputi intensitas cahaya, pH, suhu tanah dan kelembaban tanah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa di bawah tegakan jati terdapat 44 jenis tumbuhan lantai yang terdiri dari 3 jenis growth form, yaitu vegetasi tingkat semak, herba, dan rumput. Vegetasi tumbuhan tingkat semak terdiri dari 18 spesies dari 8 famili, vegetasi tingkat herba terdiri dari 17 spesies dari 8 famili, sedangkan vegetasi tingkat rumput terdapat 9 spesies dari 4 famili. Nilai penting tertinggi vegetasi tingkat semak yaitu Anisomeles indica dengan presentase sebesar 30,58%, vegetasi tingkat herba yaitu Synedrella nodiflora dengan presentase 28,37%, sedangkan Imperata cylindrical memiliki nilai tertinggi dengan 88,88% untuk vegetasi tingkat rumput. Nilai indeks keanekaragaman vegetasi bawah untuk tingkat semak dan herba tergolong sedang dengan indeks keanekaragaman masing-masing sebesar 2,69 dan 2,83. Sedangkan untuk vegetasi tingkat rumput indeks keanekaragamnya tergolong rendah dengan nilai 1,82. Kata

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Siti Aisah, M.Si.,
Uncontrolled Keywords: indeks keanekaragaman, komposisi, struktur, vegetasi lantai
Subjects: Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Biologi (S1)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 13 Dec 2016 10:21
Last Modified: 13 Dec 2016 10:21
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/22844

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum