DINAMIKA KEBERAGAMAAN MASYARAKAT BATAK (Studi atas Bina-Damai Masyarakat Batak Mandailing di Kecamatan Kabanjahe Kabupaten Tanah Karo)

Fitriani, NIM: 1420510075 (2016) DINAMIKA KEBERAGAMAAN MASYARAKAT BATAK (Studi atas Bina-Damai Masyarakat Batak Mandailing di Kecamatan Kabanjahe Kabupaten Tanah Karo). Masters thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (DINAMIKA KEBERAGAMAAN MASYARAKAT BATAK (Studi atas Bina-Damai Masyarakat Batak Mandailing di Kecamatan Kabanjahe Kabupaten Tanah Karo))
1420510075_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (DINAMIKA KEBERAGAMAAN MASYARAKAT BATAK (Studi atas Bina-Damai Masyarakat Batak Mandailing di Kecamatan Kabanjahe Kabupaten Tanah Karo))
1420510075_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Keberagaman masyarakat di Indonesia yang terdiri dari berbagai macam suku, agama, ras dan budaya menjadi keunikan tersendiri. Demikian juga dengan keharmonisan masyarakatnya yang didukung oleh sistem kekerabatan berupa nilai atau norma yang terkandung dalam agama dan budaya yang nantinya akan mampu membangun bina-damai dan menjaga keharmonisan dalam kehidupan beragama. Dalam hal ini penulis memfokuskan pada studi bina-damai masyarakat Batak Mandailing di Kecamatan Kabanjahe Kabupaten Karo. Penelitian ini dilakukan untuk menjawab dua hal, yakni: Pertama, bagaimana dinamika keberagamaan masyarakat Batak Mandailing di Kecamatan Kabanjahe? Kedua, bagaimana bentuk bina-damai pada masyarakat Batak Mandailing di Kecamatan Kabanjahe? Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research), sedangkan dalam proses perolehan data penelitian ini menggunakan metode observasi langsung (participant observation) penulis melibatkan diri dalam proses kehidupan sosial masyarakat yang diteliti. Penelitian ini menggunakan pendekatan sosioantropologi untuk mengungkap kehidupan masyarakat Batak Mandailing dari sisi perilaku keagamaannya. Metode penelitian yang digunakan dalam kajian ini adalah metode kualitatif. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori fungsionalismestruktural, yang berupaya mengkaji bentuk bina-damai sebagai nilai dari sistem kekerabatan yang mampu mengatasi perbedaan dan mengatur keseimbangan dalam kehidupan masyarakat Batak Mandailing di Tanah Karo. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dinamika keberagamaan masyarakat Batak cenderung menampilkan interaksi yang harmonis. Sistem kekerabatan Dalihan na Tolu dan Rakut Sitelu menjadi mekanisme bina-damai yang efektif dalam membangun harmoni antar penganut agama dan antar etnis. Kata kunci : Bina-damai dan Masyarakat Batak.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr. Muhammad Taufik Mandailing, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Bina-damai dan Masyarakat Batak.
Subjects: Agama Dan Filsafat
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Agama dan Filsafat
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 16 Dec 2016 08:04
Last Modified: 16 Dec 2016 08:04
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/22853

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum