PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) BERBASIS SPIRITUALPRENEURSHIP PADA MATERI ARITMETIKA SOSIAL UNTUK SISWA MTS

SALIFIL AMJAD, NIM. 0960013 (2016) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) BERBASIS SPIRITUALPRENEURSHIP PADA MATERI ARITMETIKA SOSIAL UNTUK SISWA MTS. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) BERBASIS SPIRITUALPRENEURSHIP PADA MATERI ARITMETIKA SOSIAL UNTUK SISWA MTS)
09600013_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (19MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) BERBASIS SPIRITUALPRENEURSHIP PADA MATERI ARITMETIKA SOSIAL UNTUK SISWA MTS)
09600013_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (research and development). Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan lembar kerja siswa (LKS) pada materi aritmetika sosial untuk siswa MTs yang berkualitas, untuk mengetahui respon siswa pada LKS berbasis spiritualpreneurship, dan untuk mengetahui pemahaman konsep materi aritmetika sosial siswa dalam pembelajaran menggunakan LKS tersebut. Nilai-nilai spiritualpreneurship dalam LKS yang dikembangkan meliputi jujur, amanah, ikhlas, tawadhu, dermawan, menjalin relasi, hubungan dengan keluarga, hubungan dengan orang tua, menjauhi usaha yang syubhat dan haram, serta amar ma’ruf nahi mungkar. Penelitian ini menggunakan model prosedural sesuai prosedur penelitian pengembangan menurut Borg dan Gall terdiri atas: 1) melakukan analisis produk yang dikembangkan meliputi analisis kebutuhan siswa MTs, perumusan tujuan, dan pemilihan jenis bahan ajar yang akan dikembangkan; 2) mengembangkan produk awal meliputi mengumpulkan materi pendukung pokok bahasan aritmetika sosial, membuat desain awal LKS, dan membuat LKS aritmetika sosial berbasis spiritualpreneurship, 3) validasi dan revisi produk oleh 3 validator ahli, 4) uji coba lapangan skala kecil dan revisi produk dengan responden 10 siswa MTs, serta 5) uji coba lapangan skala besar dan produk akhir dengan responden 31 siswa MTs. Hasil penelitian ini adalah LKS Aritmetika Sosial Berbasis Spiritualpreneurship untuk Siswa MTs yang secara keseluruhan berkualitas baik dengan nilai 73,89% serta mendapat respon yang sangat baik dari siswa dengan nilai 82,10%. Selain itu, sebanyak 77,42% siswa menyatakan bahwa LKS mampu memberikan motivasi untuk menjadi pengusaha muslim. LKS juga efektif dalam memberikan pemahaman konsep aritmetika sosial dengan jumlah siswa yang mencapai kriteria ketuntasan minimal (KKM) mencapai 74,19%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Sintha Sih Dewanti, M.Pd.Si.,
Uncontrolled Keywords: Lembar Kerja Siswa, Aritmetika Sosial, Spiritualpreneurship 1
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Matematika (S1)
Depositing User / Editor: H. Zaenal Arifin, S.Sos.I., S.IPI.
Date Deposited: 14 Dec 2016 07:01
Last Modified: 14 Dec 2016 07:01
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/22884

Actions (login required)

View Item View Item