KALIMAT PERINTAH DAN LARANGAN PADA HADIS-HADIS DALAM KITAB “AL-BAYĀN wa AT-TA’RĪF fī ASBĀB AL-WURŪD AL-HADĪS ASY-SYARĪF” JILID PERTAMA KARYA IBNU HAMZAH (ANALISIS PRAGMATIK)

Abdul Mujib, NIM: 1420510102 (2016) KALIMAT PERINTAH DAN LARANGAN PADA HADIS-HADIS DALAM KITAB “AL-BAYĀN wa AT-TA’RĪF fī ASBĀB AL-WURŪD AL-HADĪS ASY-SYARĪF” JILID PERTAMA KARYA IBNU HAMZAH (ANALISIS PRAGMATIK). Masters thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (KALIMAT PERINTAH DAN LARANGAN PADA HADIS-HADIS DALAM KITAB “AL-BAYĀN wa AT-TA’RĪF fī ASBĀB AL-WURŪD AL-HADĪS ASY-SYARĪF” JILID PERTAMA KARYA IBNU HAMZAH (ANALISIS PRAGMATIK))
1420510102_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (KALIMAT PERINTAH DAN LARANGAN PADA HADIS-HADIS DALAM KITAB “AL-BAYĀN wa AT-TA’RĪF fī ASBĀB AL-WURŪD AL-HADĪS ASY-SYARĪF” JILID PERTAMA KARYA IBNU HAMZAH (ANALISIS PRAGMATIK))
1420510102_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini berjudul “Kalimat Perintah Dan Larangan Dalam Kitab Al- Bayān wa At-Ta’rīf fī Asbāb Al-Wurūd Al-Hadīs Asy-Syarīf Karya Ibnu Hamzah (Analisis Tindak Tutur)”, penelitian ini mengkaji perintah dan larangan Nabi Muhammad dalam hadis. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan perintah dan larangan Nabi Muhammad dalam hadis dilihat dari modus kalimatnya serta makna tindak tutur tersebut. Dalam mengkaji dan menganalisis hadis-hadis Nabi Muhammad ini, penulis menggunakan teori pragmatik sebagai pisau analisisnya. Kajian pragmatik melihat satuan lingual bahasa secara eksternal, makna suatu tuturan dilihat dari konteks diungkapkannya tuturan. Teori pragmatik yang digunakan dalam penelitian ini adalah kajian tindak tutur dengan berdasarkan modus kalimatnya, yang terdiri dari kalimat imperatif, kalimat interogatif, dan kalimat deklaratif. Penelitian ini merupakan penelitian diskriptif kualitatif yang dilakukan melalui tiga tahapan, yaitu pengumpulan data, analisis data, dan penyajian hasil analisis data. Pengumpulan data dilakukan dengan cara membaca dan mengklasifikasikan tuturan kalimat perintah dan larangan Nabi Muhammad dalam hadis. Pada tahap analisis data digunakan pendekatan tindak tutur yang berorientasi pada konteks sebuah tuturan. Untuk penyajian hasil analisis data digunakan metode laporan informal. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa modus kalimat dengan maksud perintah dan larangan yang digunakan pada tuturan dalam hadis ada tiga modus kalimat, yaitu kalimat deklaratif, kalimat Interogatif, dan kalimat Imperatif. Penggunaan modus kalimat perintah dan larangan dalam hadis Nabi Muhammad dipengaruhi oleh situasi tutur seperti tempat, waktu, kondisi mitra tutur, tujuan tuturan, dan kategori tuturan. Pada penggunaan kalimat imperatif situasi tuturnya cenderung mendesak dan serius. Pada penggunaan kalimat interogatif situasi tuturnya cenderung tidak mendesak dengan kondisi serius dan santai. Sedangkan pada penggunaan kalimat deklaratif situasi tuturnya cenderung tidak mendesak tetapi serius. Tindak tutur perintah dan larangan dalam hadis juga mempunyai makna lain selain makna aslinya, yang dapat diketahui berdasarkan konteks lahirnya sebuah tuturan. Berikut beberapa makna perintah dan larangan pada hadis Nabi Muhammad; memberi arahan (al-irsyād), menyamakan (at-taswiyah), sikap boleh (al-ibāḥah), menghinakan (al-ihānah), ancaman (at-tahdīd), do’a (ad-duā’), memilih salah satu (at-takhyīr), penegasan (at-taqrīr), menyindir (at-tahakum), dan menjelekkan (at-taubīḥ). Kata kunci: Perintah dan Larangan, Tindak Tutur, Hadis

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr. H. Mardjoko Idris, M.Ag
Uncontrolled Keywords: Perintah dan Larangan, Tindak Tutur, Hadis
Subjects: Bahasa Arab
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Agama dan Filsafat
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 21 Dec 2016 08:35
Last Modified: 21 Dec 2016 08:35
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/22886

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum