BIMBINGAN PRIBADI SISWA BOARDING SCHOOL DI SMP IT ABU BAKAR YOGYAKARTA

Ayu Wahyuni, NIM: 12220063 (2016) BIMBINGAN PRIBADI SISWA BOARDING SCHOOL DI SMP IT ABU BAKAR YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (BIMBINGAN PRIBADI SISWA BOARDING SCHOOL DI SMP IT ABU BAKAR YOGYAKARTA)
12220063_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (BIMBINGAN PRIBADI SISWA BOARDING SCHOOL DI SMP IT ABU BAKAR YOGYAKARTA)
12220063_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (819kB)

Abstract

Boarding school adalah model sekolah berasrama yang mewajibkan siswanya untuk tinggal di asrama yang di bimbing oleh pembina asrama. Siswa boarding tentunya memiliki kegiatan yang begitu padat. Oleh karena itu, pengelolaan waktu antara belajar, bermain dan kegiatan sehari-hari perlu dilakukan. Melihat begitu padatnya kegiatan siswa boarding school maka perlu adanya bimbingan pribadi baik itu yang dilakukan oleh guru bimbingan konseling d sekolah maupun pembina asrama. Agar dapat mencapai tujuan yang maksimal dari bimbingan pribadi maka harus diperhatikan betul bagaimana pelaksanaan bimbingan pribadi tersebut apakah sudah sesuai dengan kebutuhan siswa ataukah belum. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan bimbingan pribadi tersebut agar dapat termanifestasi dengan baik apalagi kalau bimbingan tersebut diberikan pada siswa yang khusus seperti siswa boarding school. Penelitian ini bertempat di SMP IT Abu Bakar Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Metode pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun subyek penelitian ini adalah pembina asrama, guru bimbingan konseling dan siswa SMP IT Abu Bakar Yogyakarta yang di ambil dengan menggunakan teknik purposive dan obyek penelitian ini adalah pelaksanaan bimbingan pribadi yang diterapkan kepada siswa boarding school. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini adalah bahwa bimbingan pribadi di SMP IT Abu Bakar Yogyakarta dilaksanakan berdasarkan kebutuhan siswa yang di dalamnya mencakup tujuan, metode, bentuk layanan dan materi layanan yang termanifestasi dalam BK pola 17 plus.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: A. Said Hasan Basri. S.Psi., M.Si.
Uncontrolled Keywords: Bimbingan Pribadi, Siswa Boarding School
Subjects: Bimbingan dan Konseling Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam (S1)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 15 Dec 2016 08:49
Last Modified: 15 Dec 2016 08:49
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/22903

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum