PELAKSANAAN LAYANAN INFORMASI MENGENAI BEASISWA BIDIKMISI DALAM MENINGKATKAN MINAT MELANJUTKAN STUDI KE PERGURUAN TINGGI PADA SISWA KELAS XII MAN YOGYAKARTA III TAHUN 2015-2016 SKRIPSI

ELIS LESIYANI DWI PRATIWI, NIM. 13220075 (2016) PELAKSANAAN LAYANAN INFORMASI MENGENAI BEASISWA BIDIKMISI DALAM MENINGKATKAN MINAT MELANJUTKAN STUDI KE PERGURUAN TINGGI PADA SISWA KELAS XII MAN YOGYAKARTA III TAHUN 2015-2016 SKRIPSI. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PELAKSANAAN LAYANAN INFORMASI MENGENAI BEASISWA BIDIKMISI DALAM MENINGKATKAN MINAT MELANJUTKAN STUDI KE PERGURUAN TINGGI PADA SISWA KELAS XII MAN YOGYAKARTA III TAHUN 2015-2016 SKRIPSI)
13220075_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (PELAKSANAAN LAYANAN INFORMASI MENGENAI BEASISWA BIDIKMISI DALAM MENINGKATKAN MINAT MELANJUTKAN STUDI KE PERGURUAN TINGGI PADA SISWA KELAS XII MAN YOGYAKARTA III TAHUN 2015-2016 SKRIPSI)
13220075_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Berdasarkan hasil penelitian, didapatkan data bahwa terdapat sejumlah siswa yang ingin melanjutkan studi ke perguruan tinggi namun terkendala oleh masalah ekonomi padahal siswa tersebut mampu secara akademik. Beasiswa Bidikmisi merupakan beasiswa yang diberikan oleh pemerintah untuk siswa (berprestasi) setara SMA yang ingin melanjutkan studi ke perguruan tinggi namun lemah secara ekonomi. Keberadaan beasiswa ini masih belum cukup dikenal oleh siswa-siswa kelas XII MAN Yogyakarta III, sehingga harus diinformasikan. Berdasarkan hal tersebut, penulis berinisiatif untuk meneliti tentang bagaimana tahap pelaksanaan layanan informasi dalam meningkatkan minat melanjutkan studi ke perguruan tinggi. Penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif, yaitu proses penelitian yang menghasilkan data dalam bentuk deskripsi yang apa adanya. Penelitian ini dilakukan di MAN Yogyakarta III. Adapun teknik yang digunakan dalam pengumpulan data adalah teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Sedangkan subjek dalam penelitian ini adalah 3 orang guru BK terutama guru BK pengampu kelas XII dan 2 siswa penerima beasiswa bidikmisi MAYOGA tahun 2015-2016. Hasil penelitian menunjukan bahwa dalam pelaksanaan layanan informasi mengenai beasiswa bidikmisi dalam meningkatkan minat melanjutkan studi ke perguruan tinggi, terdapat 5 (lima) tahap yang dilakukan oleh guru BK, yaitu: 1) Tahap persiapan, 2) Pelaksanaan, 3) Evaluasi, 4) Tindak lanjut yaitu guru BK menindaklanjuti hasil dari layanan klasikal dengan cara mengadakan kegiatan Konseling kelompok, konseling individu, Home visit dan Pendampingan Pendaftaran Beasiswa Bidikmisi Melalui Jalur SNMPTN dan 5) Pelaporan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Nailul Falah, S.Ag., M.Si NIP 19721001 199803 1 003
Uncontrolled Keywords: Layanan Informasi, Beasiswa Bidikmisi, Meningkatkan Minat Melanjutkan Studi Lanjut ke Perguruan Tinggi.
Subjects: Bimbingan dan Konseling Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam (S1)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 15 Dec 2016 10:45
Last Modified: 15 Dec 2016 10:45
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/22924

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum