MODEL PENGEMBANGAN KOLEKSI JURNAL ELEKTRONIK PADA PERGURUAN TINGGI NEGERI DI YOGYAKARTA (Studi Kasus Perpustakaan Universitas Gadjah Mada Yogyakarta)

Rory Ramayanti, NIM. 1420010016 (2016) MODEL PENGEMBANGAN KOLEKSI JURNAL ELEKTRONIK PADA PERGURUAN TINGGI NEGERI DI YOGYAKARTA (Studi Kasus Perpustakaan Universitas Gadjah Mada Yogyakarta). Masters thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (MODEL PENGEMBANGAN KOLEKSI JURNAL ELEKTRONIK PADA PERGURUAN TINGGI NEGERI DI YOGYAKARTA (Studi Kasus Perpustakaan Universitas Gadjah Mada Yogyakarta))
1420010016_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Accepted Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (MODEL PENGEMBANGAN KOLEKSI JURNAL ELEKTRONIK PADA PERGURUAN TINGGI NEGERI DI YOGYAKARTA (Studi Kasus Perpustakaan Universitas Gadjah Mada Yogyakarta))
1420010016_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (3MB)

Abstract

Jurnal elektronik merupakan persoalan menarik di perpustakaan perguruan tinggi. Beberapa keunggulan ditawarkan oleh jurnal elektronik seperti dapat menyajikan informasi dengan efektif dan efisien; dapat dimanfaatkan oleh banyak orang dalam satu waktu dan proses penerbitan yang cepat. Keunggulan tersebut berdampak pada pengadaan jurnal dari tercetak menjadi jurnal elektronik.Tanpa terkecuali perpustakaan-perpustakaan perguruan tinggi yang ada di Yogyakarta. Salah satunya yakni Perpustakaan Universitas Gadjah Mada Yogyakarta yang telah melanggan jurnal elektronik sejak tahun 2002. Keberadaan jurnal elektronik menimbulkan tantangan baru bagi perpustakaan dalam kegiatan pengembangan koleksinya. Koleksi dengan format elektronik penanganannya tentu saja berbeda dengan format tercetak. Pengembangan jurnal elektronik tidak hanya memperhatikan aspek fisiknya saja. Sistem informasi yang dibangun seperti teknologi pendukung terhadap akses jurnal elektronik juga menjadi perhatian utama. Selain itu juga penting untuk mengetahui proses pengadaan, lisensi, dan perpanjangan akses jurnal elektronik diperpustakaan agar dapat memenuhi kebutuhan informasi pemustaka. Berdasarkan hal tersebut maka penting untuk diketahui mengenai model pengembangan koleksi pada perguruan tinggi negeri. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan metode kualitatif. dan teknik pengumpulan data melalui metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data model Miles & Huberman (1986) yaitu meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, Perpustakaan Universitas Gadjah Mada Yogyakarta telah melakukan kegiatan pengembangan koleksi terhadap jurnal elektronik meskipun tidak memiliki kebijakan pengembangan koleksi secara tertulis. Kegiatan pengembangan koleksi dilakukan berdasarkan kebutuhan pengguna dan ketersediaan anggaran yang berdasarkan pada skala prioritas. Terdapat tiga model dalam pengembangan koleksi jurnal elektronik yakni alih media, berlangganan, dan open acces. Kendala dalam kegiatan pengembangan koleksi meliputi akses, teknologi, unduhan tidak wajar dan kendala pelayanan. Strategi yang dilakukan untuk mengatasi kendala tersebut adalah merencanakan sistem akses satu pintu, mengarsipkan jurnal-jurnal yang telah dilanggan memperbaiki sistem teknologi, memperbaiki sistem pendeteksi download robot, mengikuti sosialisasi yang dilakukan oleh vendor dan perpustakaan. Kata kunci: Model Pengembangan koleksi, Jurnal Elektronik, Perpustakaan Perguruan Tinggi

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information / Pembimbing: Dr. Nurdin Laugu, SS., M.A.
Uncontrolled Keywords: Model Pengembangan koleksi, Jurnal Elektronik, Perpustakaan Perguruan Tinggi
Subjects: Ilmu Perpustakaan dan Informasi
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Interdisciplinary Islamic Studies
Depositing User / Editor: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 28 Dec 2016 00:42
Last Modified: 28 Dec 2016 00:42
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/22934

Actions (login required)

View Item View Item