ANALISIS KEPUASAN PEMUSTAKA TERHADAP LAYANAN MALAM HARI BERDASARKAN KAJIAN INDEKS KEPUASAN MASYARAKAT (IKM) (STUDI KASUS DI PERPUSTAKAAN KOTA YOGYAKARTA)

FAUZAN DWI KURNIAWAN, NIM: 1420010018 (2016) ANALISIS KEPUASAN PEMUSTAKA TERHADAP LAYANAN MALAM HARI BERDASARKAN KAJIAN INDEKS KEPUASAN MASYARAKAT (IKM) (STUDI KASUS DI PERPUSTAKAAN KOTA YOGYAKARTA). Masters thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (ANALISIS KEPUASAN PEMUSTAKA TERHADAP LAYANAN MALAM HARI BERDASARKAN KAJIAN INDEKS KEPUASAN MASYARAKAT (IKM) (STUDI KASUS DI PERPUSTAKAAN KOTA YOGYAKARTA))
1420010018_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (27MB) | Preview
[img] Text (ANALISIS KEPUASAN PEMUSTAKA TERHADAP LAYANAN MALAM HARI BERDASARKAN KAJIAN INDEKS KEPUASAN MASYARAKAT (IKM) (STUDI KASUS DI PERPUSTAKAAN KOTA YOGYAKARTA))
1420010018_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (1MB)

Abstract

Dalam era teknologi informasi yang mana informasi dapat didapatkan dimanapun dan kapanpun menimbulkan persaingan yang sangat ketat dalam berbagai bidang pekerjaan. Hal ini berdampak pada usaha manusia yang terlibat didalamnya untuk memberikan pelayanan yang terbaik demi kepuasan pelanggan, terutama jika bidang pekerjaan tersebut yang berkaitan dengan masalah jasa, dan perpustakaan adalah salah satu bidang yang memberikan jasa, yaitu jasa informasi. Oleh sebab itu perpustakaan selayaknya memberikan pelayanan yang memberikan kepuasan kepada pemustaka. Tujuan dari penelitian ini yang pertama adalah untuk mengetahui Kondisi Layanan Malam Hari Perpustakaan Kota yogyakarta, yang kedua adalah mengetahui Indeks Kepuasan Masyarakat secara keseluruhan terhadap layanan malam hari di Perpustakaan Kota Yogyakarta, dan tujuanketiga adalah bagaimana indeks kepuasan pada masing-masing tingkatan masyarakat terhadap layanan malam hari Perpustakaan Kota Yogyakarta.. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Responden dipilih secara acak yang ditentukan sesuai dengan cakupan wilayah masing-masing unit pelayanan diantara waktu 18.00 hingga 23.59 WIB diambil sebanyak 150 responden. Teknik pengumpulan data menggunakan metode kuesioner, wawancara, observasi dan dokumentasi. Pengukuran variabel penelitian berdasarkan Peraturan Menpan No 25 Tahun 2004. Adapun teknik analisa data menggunakan analisa deskriptif statistik. Variabel dalam penelitan ini bersifat tunggal yaitu indeks kepsuasan masyarakat yang terbagi menjadi 14 unsur penlaian. Kesimpulan dari hasil penelitian tentang analisis kepuasan pemustaka terhadap layanan malam hari Perpustakaan Kota Yogyakarta adalah Layanan malam hari disini dapat diartikan bahwa sebuah layanan yang dilakukan hingga malam hari. Secara garis besar terbagi menjadi dua, yaitu dalam ruangan dan luar ruangan. Untuk dalam ruangan pada umumnya dibuka hingga pukul 20.00 dan untuk luar ruangan di tutup pukul 00.00. Berdasarkan analisa yang dilakukan secara parsial yang berupa tingkatan kategori dan unsur, serta secara keseluruhan yang berarti penilaian keseluruhan, maka didapatkan nilai interval indeks kepuasan masyarakat 3,19 dan interval konversi 79,75 maka bisa dikatakan kualitas layanan malam hari adalah baik. Berdasarkan hal tersebut, maka disarankan kepada perpustakaan kota Yogyakarta untuk mewajibkan semua petugas memakai tag name mengenai nama dan jabatan yang jelas, dan juga sarana prasarana terutama lahan prakir kendaraan roda empat atau lebih dan membuka seluruh layanan yang dimiliki sampai pukul 00.00 WIB. Kata Kunci: Indeks Kepuasan Masyarakat, kepuasan pemustaka

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information / Pembimbing: Dr. Tafrikhuddin, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Indeks Kepuasan Masyarakat, kepuasan pemustaka
Subjects: Ilmu Perpustakaan dan Informasi
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Interdisciplinary Islamic Studies
Depositing User / Editor: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 22 Dec 2016 08:08
Last Modified: 22 Dec 2016 08:08
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/22936

Actions (login required)

View Item View Item