PEMBERDAYAAN EKONOMI MASYARAKAT MELALUI OLAHAN PEGAGAN OLEH KELOMPOK WANITA TANI PAWON GENDIS (DI DUSUN SALAKMALANG BANJARHARJO KALIBAWANG KULON PROGO)

PRESILIANITA TUTIK SULANDARI, NIM. 12230046 (2016) PEMBERDAYAAN EKONOMI MASYARAKAT MELALUI OLAHAN PEGAGAN OLEH KELOMPOK WANITA TANI PAWON GENDIS (DI DUSUN SALAKMALANG BANJARHARJO KALIBAWANG KULON PROGO). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PEMBERDAYAAN EKONOMI MASYARAKAT MELALUI OLAHAN PEGAGAN OLEH KELOMPOK WANITA TANI PAWON GENDIS (DI DUSUN SALAKMALANG BANJARHARJO KALIBAWANG KULON PROGO))
12230046_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (PEMBERDAYAAN EKONOMI MASYARAKAT MELALUI OLAHAN PEGAGAN OLEH KELOMPOK WANITA TANI PAWON GENDIS (DI DUSUN SALAKMALANG BANJARHARJO KALIBAWANG KULON PROGO))
12230046_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (1MB)

Abstract

Kemiskinan di Indonesia merupakan suatu hal yang tidak asing lagi dan masih sering dibicarakan. Dalam mengatasi hal ini berbagai lembaga pemerintahan maupun non pemerintahan mengeluarkan berbagai macam pemberdayaan untuk mengatasinya. Salah satu pemberdayaan yang cukup kreatif dalam mengatasi perekonomian ini adalah Kelompok Wanita Tani Pawon Gendis. Dimana tumbuhan pegagan yang merupakan merupakan tanaman liar yang biasa merambat dipinggiran sawah, tanaman ini hanya dipandang sebelah mata oleh kebanyakan masyarakat. Berkat kreatifitas dan ketekunan warga Dusun Salak Malang pegagan menjadi olahan pangan yang bernilai jual tinggi. Kelompok Wanita Tani Pawon Gendis inilah yang menjadi pelopor pengolahan daun pegagan ini. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengkaji strategi pemberdayaan ekonomi yang dilakukan oleh Kelompok Wanita Tani Pawon Gendis dalam memberdayakan masyarakat dan hasil yang yang dicapai dalam pemberdayaan ekonomi melalui olahan Pegagan oleh Kelompok Wanita Tani Pawon Gendis di Dusun Salak Malang, Desa Banjarhajo, Kecamatan Kalibawang, Kabupaten Kulon Progo. Peneliti ini menggunakan metode dekriptif kualitatif. Teknik penarikan informan menggunakan purposive dengan menggunkan tiga teknik pengumpulan data yaitu wawancara, observasi dan dokumentasi. Subyek penelitian ini adalah ketua Kelompok Wanita Tani Pawon Gendis, anggota Kelompok Wanita Tani Pawon Gendis dan Tokok Masyarakat. Untuk memvalidkan data peneliti menggunakan teknik triangulasi data. Hasil dari penelitian ini peneliti menemukan empat strategi strategi dalam pemberdayaan ekonomi yang dilakukan oleh Kelompok Wanita Tani Pawon Gendis meliputi mengembangkan potensi masyarakat, pembinaan, penguatan hasil produksi, dan pemasaran. Sedangkan untuk hasil pemberdayaan ekonomi masyarakat melalui olahan pegagan adalah meningkatnya kemandirian, meningkatnya ekonomi masyarakat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Siti Aminah, S.Sos.I., M.Si. NIP 19830811 201101 2010
Uncontrolled Keywords: Pemberdayaan Ekonomi, Kelompok Wanita Tani Pawon Gendis.
Subjects: Pengembangan Masyarakat Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam (S1)
Depositing User / Editor: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 16 Dec 2016 01:47
Last Modified: 16 Dec 2016 01:47
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/22939

Actions (login required)

View Item View Item